Yamaha All New NMax 155: Tips Mudik Lancar dengan Motor

Lebaran tak lebih dari dua bulan lagi. Sudah terpikir, mudik dengan apa? Banyak jalan menuju kampung. Pemerintah pun kerap mengakomodir lewat program semacam pulang kampung bersama menaiki bus. Meski pemerintah tidak menyarankan, namun mudik dengan motor masih banyak menjadi pilihan masyarakat.

Dikutip dari CNN Indonesia, “Mudik menggunakan motor boleh asalkan waktu tempuhnya maksimal tiga jam karena mempertimbangkan faktor keselamatan.” (Djoko Setijowarno, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia Pusat).

Jusru Pulubuhu, Training Director sekaligus Founder dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) menuturkan,

"Kalau tetap pengin mudik naik motor, jarak tempuh yang aman adalah 100 km, itu dengan prediksi kemacetan di perjalanan." (Motorplus, 2023)

Mengapa Masih Banyak yang Mudik dengan Motor?

Beragam alasan masyarakat memilih mudik dengan motor di antaranya:

1. Lebih Hemat

Selain bermodalkan tenaga, mudik dengan motor bisa jadi lebih hemat dengan bermodalkan motor yang digunakan sehari – hari dan BBM saja.

2. Praktis

Tidak perlu membeli tiket yang kerap habis menjelang lebaran. Mudik dengan motor pun tak perlu berkejaran dengan jadwal keberangkatan. Tidak perlu terburu buru pergi ke stasiun atau terminal. Apalagi jika untuk menuju kampung, perlu menyambung beberapa kali transportasi umum, tentu mudik dengan motor akan lebih praktis.

3. Antisipasi Kemacetan

Bukan berita baru lagi, bahwa saat mudik maka akan terjadi kemacetan di mana mana. Dengan motor yang memakan ruang lebih sedikit dibanding mobil tentu memudahkan menyalip atau mencari jalan alternatif untuk keluar dari kemacetan.

4. Dapat Singgah Sesuai Kebutuhan.

Biasanya, saat menggunakan transportasi umum dan ingin ke toilet, maka kita tidak dapat leluasa berhenti segera. Saat mengendarai motor, pengendara dapat mencari SPBU atau miminarket terdekat. Bahkan, kita pun dapat singgah ke rumah teman atau saudara di perjalanan.

Selain itu, kita dapat istirahat di perjalanan dan dapat segera singgah ke masjid untuk menunaikan solat.

5. Dapat Digunakan di Kampung Mengunjungi Sanak Saudara.

Saat berlebaran, tentu berkunjung dari satu rumah saudara ke saudara lainnya menjadi agenda tersendiri. Hal tersebut akan lebih mudah jika ada kendaraan terutama untuk jarak yang terbilang jauh ditempuh dengan berjalan kaki.

Apa Saja Persiapan dari Sisi Pengendara?

Kenyataannya, tidak semua motor dapat digunakan untuk perjalanan jauh. Tak sekadar ingin hemat tapi juga ingin selamat, bukan? Di samping faktor jarak, rute dan kondisi jalan, ada dua faktor keselamatan dan kenyaman lainnya yang perlu di perhatikan; dari sisi pengendara atau penumpang dan dari sisi motor itu sendiri. Ada pun faktor keselamatan dari sisi pengendara adalah sebagai berikut:

1. Kebugaran 

Sebaiknya mudik di pagi hari saat tubuh masih segar dan matahari belum terlalu naik. Tidak bergadang dan menjaga kesehatan sebelum mudik dengan motor adalah sebuah keharusan.

2. Tidak Melebihi Kapasitas

Kapasitas tiap motor itu berbeda, dapat dilihat di buku petunjuk motor. Selain memperhatikan total beban, kapasitas jumlah penumpang juga patut diperhatikan. Idealnya dalam satu motor itu hanya membawa satu penumpang di jok belakang.

3. Istirahat di Perjalanan 

Disarankan istirahat sekitar 30 menit tiap 2 jam perjalanan atau sebelum itu saat tubuh memberikan ‘alarmnya’ seperti kurang fokus atau mengantuk.

4. Melengkapi Kebutuhan Surat Surat 

Lengkapi perjalanan dengan SIM, STNK, dan KTP. Jika berniat membeli motor baru, sebaiknya belilah 14 hari kerja sebelum mudik. Hal tersebut dikarenakan dibutuhkan waktu 10 sampai 14 hari kerja untuk mengurus STNK motor baru. 

5. Safety Riding

Gunakan helm besrtandar nasional dan pakaian yang nyaman dan tidak ribet untuk berkendara.

Mengapa Yamaha All New NMax 155 Dapat Menjawab Kebutuhan Ini?

Sedangkan faktor dari motor meliputi ‘kesehatan’ kendaraan itu sendiri, seperti kondisi ban, kondisi penerangan, oli, dan semacamnya, serta fitur yang memberi kenyamanan pengendara. Selain untuk kebutuhan harian, Yamaha All New Nmax 155 dapat menjawab kebutuhan jika akhirnya memilih mudik menggunakan motor, mengapa?

1. Bertenaga namun Tidak Boros BBM

Dengan teknologi Blue Core & VVA mesin 155 cc terjaga agar tetap efisien bahan bakar dan menjadikan motor memiliki torsi yang lebih besar serta maksimum di setiap putaran mesin sehingga lebih bertenaga. Selain itu, motor besutan Yamaha ini memiliki Stop & Start System yang gdapat mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu pada saat motor sedang berhenti.

2. Anti-Lock Braking System (ABS) dan Traction Control System (TCS)


Yamaha All New Nmax menggunakan teknologi Dual Channel Anti-Lock Braking System (ABS) yang biasanya terdapat pada mobil atau motor kelas premium. Teknologi ini melakukan kontrol pengereman yang optimal guna mencegah roda terkunci saat melakukan pengereman mendadak. Sedangkan TCS (Traction Control System) dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

3. Tampilan  Elegan dan Suara Motor yang Halus

Smart Motor Generator pada Yamaha All New Nmax membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan dan motor ini juga memiliki tampilan yang elegan baik body maupun lampu motor.

Lampu motor juga dilengkapi dengan lampu hazard untuk memberi tanda dalam situasi darurat. Disertai dengan kompartemen tertutup yang lebih mewah dan praktis.

4. Kenyamanan Posisi Berkendara

Dengan ruang kaki yang lega membuat posisi berkendara jadi lebih nyaman. Selain itu, jok  yang dirancang dengan kontur ganda membuat bukan hanya membuat tampilan lebih berkelas namun juga memberikan pengalaman berkendara lebih nyaman bagi pengendara atau penumpang.

5. Keyless (Smart Key System)

Sistem tanpa anak kunci ini mengandalkan gelombang radio ekslusif guna mengaktifkan sistem kelistrikan atau fitur Answer Back System, memudahkan pengendara mencari posisi parkir dan motor lebih aman dari aksi pencurian.

6. Electric Power Socket

Life style yang tak bisa jauh dari ponsel pintar pun dipahami oleh Yamaha. Yamaha All New Nmax memiliki "Electric Power Socket" sehingga semakin praktis untuk mengisi daya gadget pengendara.

7. Multifunction Full Digital Speedometer

Status motor terdapat dalam satu layar dengan tampilan digital. Tampilan layar tersebut memuat indikator Y-Connect Apps, Pesan & Telepon, TCS*, VVA dan Temperatur Mesin. Hal ini menjadikan Yamaha All New Nmax semmakin odern dan informatif bagi pengendara. Pada Handlebar Switch Control kita dapat memilih dan mengatur tampilan informasi pada speedometer.

8. Bagasi Luas hingga 23 liter!

Bagasi luas dengan akses yang mudah dan fungsional hingga 23 liter dapat menyimpan banyak bawaan bahkan dapat menyimpan helm full face ukuran XL.

9. Sub-tank Suspension untuk Berkendara Lebih Nyaman

Teknologi ini mendukung performa berkendara yang lebih nyaman diberbagai kondisi jalan. Pada All New Yamaha NMAX 155 tipe Y-Connect sokbreker belakangnya bisa diatur sesuai kebutuhan dan kenyamanan pemakaian pengendara.

10. Teknologi Y-Connect

Teknology Communication Control Unit (CCU) merupakan teknologi pertama pada motor buatan Indonesia yang terhubung dengan Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect). teknologi ini menghubungkan motor dengan gawai guna memberikan informasi seperti lokasi perhentian terakhir, konsumsi BBM, dan saran perawatan.

Banyak sekali keunngulan Yamaha All New Nmax yang dapat menjawab kebutuhan berkendara baik kebutuhan harian, touring, atau bahkan momen seperti mudik. Kita juga dapat melakukan test drive terlebih dahulu sebelum membeli.

Dan jangan lupa, keamanan dan kenyamana berkendara selain harus memperhatikan kendaraanya juga perlu menjaga ‘attitude’ berkendara. Gimana, tertarik dengan Yamaha All New Nmax 155?


Ririn Anindya

......

2 komentar:

  1. Pun kalau ke kampung bawa motor, bisa sekalian raon-raon singgah ke tempat-tempat lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas. Apalagi kalau di kampung ada destinasi wisata.. Makin terbantu kalau ada motor.

      Hapus