Review Triple Dice: Deterjen Kualitas Impor Harga Lokal

Memangnya ada deterjen dengan harga terjangkau, hasilnya bagus? Tulisan kali ini, cocok untuk kalian yang dalam kehidupan itu masih nyuci baju atau malah mau buka usaha laundy.

Untuk keperluan cuci baju, biasanya aku membeli deterjen cair untuk mesin cuci dan deterjen bubuk untuk cuci baju dengan tangan. Ada sih dijual deterjen bubuk khusus untuk mesin cuci tapi harganya agak lebih mahal kan? Pernah di mesin cuci, aku pakai deterjen bubuk yang biasa tapi dilarutkan dulu, ternyata masih meninggalkan butiran putih di pakaian.


Sampai berapa hari lalu, aku kehabisan deterjen, lalu pergi belanja ke Bina Johor Swalayan. Di bagian deterjen, terlihat tumpukan deterjen Triple Dice. Harganya 67ribu untuk 4,2 kg. Itu berarti cuma 15ribuan per kilo, tapi bisa untuk mesin cuci juga.

Iseng pos deterjen yang punya tiga varian aroma ini di IG story, karena teman IG-ku kan banyak ibu ibu. Ternyata tidak sedikit yang balas dan bilang sudah pakai Triple Dice. Dari mereka, aku jadi tau kalau Triple Dice tersedia di swalayan Maju Bersama, Berastagi Supermarket, TransMart, dan ada juga yang beli di marketplace pakai filter "Medan".

Setelah memakainya beberapa kali, aku pingin mengulas kelebihan dan kekurangan deterjen produksi Malaysia ini. Honestly, Triple Dice ternyata sudah lama di Indonesia tapi masih banyak yang belum tau - atau cuman aku? Mudah mudahan membantu ya.

Kelebihan

1. Terjangkau dan Hemat

Biasanya, kami perlu mengeluarkan sekitar 60 ribu per bulan untuk deterjen, yang mana kadang pun masih ke laundry. Pakai Triple Dice 4,2kg bisa untuk mesin cuci dan cuci manual, terbilang hemat ya. Aku rasa ini bisa memenuhi kebutuhan kami selama dua bulan (4 orang). Jadi sangat cocok untuk pemakaian keluarga atau mungkin untuk usaha laundry. 

Oh ya, salah satu tips hemat lain saat mencuci baju, sebaiknya jika mencuci baju dengan mesin, jangan satu satu karena bisa boros listrik dan deterjen. Tapi juga jangan terlalu padat atau kepenuhan, selain bersihnya kurang maksimal, kebiasaan ini lebih mudah merusak serat kain yang dicuci. Misal kapasitas mesin 8,5kg, paling banyak cuci itu 7,5kg.

2. Bersih

Hasilnya juga tidak mengecewakan. Kalau aku, suami, dan ibu, palingan baju kotor karena debu, polusi udara, atau keringat. Tapi kalau Nua, bisa kotor karena ketumpahan makanan, minuman, atau mainin lipstik diam diam. Jadi, aku rendam agak lebih lama biar kotorannya hilang kemudian dikucek atau sikat.

3. Bisa untuk Mencuci dengan Mesin Cuci

Meski ini deterjen bubuk, ternyata cocok juga untuk mesin cuci. Kuperhatikan, enggak ada tertinggal residu seperti butir deterjen. Deterjen ini juga bisa dikatakan mudah larut.

4. Tersedia kemasan 4,2 kg

Kemasan ini buat kita ga perlu bolak balik ke swalayan beli deterjen, harganya juga jadi lebih murah.

5. Bisa yang cukup

Dulu, aku pikir makin banyak busa, makin bersih. Ternyata tidak begitu, terlalu banyak busa ternyata membuat bilasan pakaian kurang sempurna. Residu busa ini menyebabkan pakaian sedikit lengket, yang dapat menahan debu atau kotoran. Selain itu, terlalu banyak busa dapat mengurangi gesekan antar kain karena licin, padahal gesekan ini di mesin cuci berguna untuk mengurai atau melepaskan kotoran di pakaian.

6. Tidak Bau Apek

Sebelum disikat, terutama pakaian yang dicuci dengan tangan, perlu direndam beberapa saat dulu. Dan kerap, kelupaan tengah merendam pakaian. Aku juga kemarin lupa karena disambil beberes rumah dan temani Nua main.

Alhamdulillah, enggak buat rendaman pakaian jadi bau apek. Pakaian yang tidak kering kering karena cuaca hujan atau mendung juga tidak menimbulkan bau apek.

7. Ada label Halal

Untuk teman teman yang cocern dengan label halal, deterjen ini juga sudah lulus uji sertifikasi halal Malaysia. 


Kekurangan

1. Perlu Wadah Lebih

Biasanya aku meletakkan deterjen ke dalam wadah biar rapi dan mudah diambil. Tapi dengan isi 4,2kg, aku perlu wadah lebih. Solusi lainnya dengan tetap menggunakan kemasannya, hanya saja saat tidak gunakan kemasan diklip agar deterjen tidak tumpah.


2. Belum tersedia di semua tempat

Saat aku ke Alfamart atau Indomaret, aku coba coba lihat deterjen ini, enggak ada - saat itu. Di warung warung rumahan juga belum terlihat. Tapi tenang, udah banyak juga tersedia di swalayan dan supermarket seperti Maju Bersama, Berastagi Supermarket, TransMart, bahkan aku bisa dapat di swalayan pinggir kota yang bukan swalayan besar; Bina Johor Swalayan. Selain itu, tersedia juga di marketplace. 


Mungkin kita sering mendengar; ada harga ada kualitas. Tapi ternyata, kebutuhan kita tak melulu harus dijawab dengan harga yang lebih mahal, ya. Gimana, tertarik cobai Triple Dice atau justru kamu pemakai setia deterjen ini?

Ririn Anindya

......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar