Classy Day Yamaha: Menjajal Fazzio, Motor Ekspresif yang Irit BBM

Pernah ikut fun riding? Atau mungkin sering melihatnya? Aku baru pertama kali ikutan. Tepatnya pada 20 Januari 2024 saat Yamaha menggelar Classy Day dengan mengendarai Fazzio dan Filano. Kali ini, aku ingin cerita pengalaman ikut fun riding tersebut. Apa saja aktivitasnya dan bagaimana rasanya menjajal Fazzio, motor retro modern yang menyasar kaula muda dan irit bensin ini?

Classy Day Yamaha diikuti sekitar 20an orang yang terdiri dari selebgram, TikToker, blogger, dan anggota komunitas motor. Kegiatan ini bukan hanya sekadar berkeliling kota. Namun juga dapat membuka kesempatan menambah teman dan merasakan sensasi mengendarai si motor. Dibarengi pula dengan kegiatan positif lainnya seperti painting atau membuat konten. Jadi, ini dia cerita keseruannya. 


1. Diawali briefing

Sebelumnya, lewat WA kami sudah diinfokan mengenai rundown kegiatan. Lewat WA itu pula diingatkan untuk mengutamakan safety riding seperti mengenakan helm, jaket, sepatu, dan pakaian yang aman untuk berkendara.


Di lokasi acara, kami dibagi dalam beberapa kelompok. Masing masing kelompok terdapat 1 PIC /Penanggung Jawab. Kemudian dilakukan briefing seperti mengecek peserta, kelengkapan, menginfokan kembali jalur dan rundown, dan menginatkan untuk taat lalu lintas.

Titik awal Yamaha Classy Day kali ini dimulai dari kantor Yamaha Alfa Scorpi yang berada di Jl. Adam Malik. Kegiatan dimulai dari pukul 5 sore dan berakhir jam 9 malam di Dominico Garden Cafe.

2. Keliling Kota dan Santai Sejenak di Kesawan Square

Sore itu jalanan tidak begitu padat, mungkin karena bukan hari kerja. Dengan santai sembari menikamti angin semilir, kami menyusuri jalanan pusat kota, lalu berhenti sejenak di Kesawan Square. Kemudian berlanjut ke Dominico Garden Cafe. 

3. Makan Malam dan Mewarnai. 

Saat matahari mulai tenggelam, kami pun bertolak ke Dominico Garden untuk makan malam. Kegiatan juga diisi dengan mewarnai. 

Yang Memikat dari Fazzio

1. Desain

Memiliki desain retro modern yang tidak mainstream dengan warna yang bersemangat, wajar motor skutik ini mudah bikin terpikat. Sehingga, Fazzio bukan hanya sekadar kendaraan tapi wadah mengekspresikan diri. Desain Fazzio juga dilengkapi dengan  Unique LED Headlight, Double Hook Carabiner, Hazard Lamp, Roomy Footspace & Light Weight yang futuristik dan fungsional.

2. Teknologi

Keyless System

Sistem tanpa anak kunci ini mengandalkan gelombang radio ekslusif guna mengaktifkan sistem kelistrikan sehingga motor lebih aman dari aksi pencurian.

Blue Core Hybrid Bertenaga dan Hemat BBM

Teknologi Blue Core Hybird yang dikembangkan oleh Yamaha ini menjadikan motor memiliki torsi yang lebih besar sehingga lebih bertenaga. Sistem ini juga menjadikan Fazzio lebih ramah lingkungan karena lebih irit bensin. Dengan konsumi BBM yang irit dan memiliki tanki 5,1 liter, membuat daya jelajah motor jauh tanpa perlu banyak singgah mengisi bensin.Sedang fitur Electric Power Assist Start  menjadikan akselerasi awal begitu halus.

"Setelah menempuh jarak 69,9 Km, BBM yang terpakai Fazzio sebanyak 1,00 liter." (otomotif.kompas.com)

"Pakai bahan bakar Pertamax dan dipakai untuk harian dengan kondisi beragam, Fazzio tembus 51,6 km/liter." (GridOto.com)

Speedometer Numerik Digital

Status motor terdapat dalam satu layar dengan tampilan digital. Tampilan layar tersebut memuat indikator electric power assist start, daya baterai ponsel, bahkan notifikasi pesan & telepon, serta jam digital.

Ruang Charger


Terdapat fitur guna mengisi daya ponsel danterhubung dengan layar speedometer, seperti status baterai dan notifikasi pesan.

Bagasi Luas Hingga 17.8L

Fazzio memiliki bagasi yang lega yang bisa menampung perlengkapan hingga 17.8 liter.


3. Kenyaman

Fazio memiliki posisi stang yang pas, tidak terlalu tinggi ataupun rendah, dek kaki yang lega, dan jok yang lebar namun tidak bongsor. Seolah Fazzio memang didesain menyesuaikan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya, mengendarai motor ini atau pun berada di boncengan tidak tersa kesulitan atau harus banyak adaptasi. 

4. Harga

Motor Fazzio dibandrol mulai 22,65jt hingga 23,05jt.

Bisa disimpulkan setealah berkeliling kota dengan Fazzio bahwa motor ini memang cukup menyenangkan. Selain karena desain Fazzio yang ekspresif mampu mencuri perhatian, Fazzio juga irit dan nyaman dikendarai. 

Ririn Anindya

......

7 komentar:

  1. Kok unyu sekali ya desain nya. Makin kesini Yamaha itu makin inovatif aja, kayak slogan nya.

    Kalo aku mending kubawa jan jalan sore di Binjai aja lah, kalo du kota Medan asak ditutup sana sini jalan nya.

    BalasHapus
  2. Modelannya klasik dgn warna2 gitu, suka pangling mmg kalau ngeliat dijalanan. Seru

    BalasHapus
  3. Eh itu kalau motornya dimatikan, tetap jalan juga kah fungsi isi daya ponselnya?


    Dan abis uji coba, motornya bisa langsung masuk daftar properti garasi rumah Eyangnya Nua juga? 😁

    BalasHapus
  4. Acaranya seru. Keretanya keren. Pengenlah awak bisa naik kereta biar bisa bawa Fazzio. Hihi

    BalasHapus
  5. Aaaaaakkk yang warna merah jangan sampe lepas. Seruuu kali kak jalan-jalan santai naik FAzzio, ku nga pande bawa motor tapi kalau yang design2 model kayak fazzio jadi pengen belajar naik motor..gumussh kali soalnya

    BalasHapus
  6. memang modelnya sebagus itu, udah pernah juga ngerasain bawa motor yamaha ini, bentuknya juga kekinian

    BalasHapus
  7. Seru, ya, rin. Daku jg naksir sama body style Fazzio ini. Sederhana tapi keren.

    BalasHapus