Oleh Oleh Bolu Toba Medan

Hampir tiap orang senang mendapat makanan enak ya, kan? Maka, kalau memikirkan oleh oleh Medan atau buah tangan, wajar biasanya langsung terpikir, "Bawa makanan apa, ya?" atau "Makanan Medan apa ya yang terkenal?"


Tahun tahun terakhir ini, kota Medan memiliki rekomendasi kuliner yang semakin beragam, termasuk kue atau cake sebagai oleh oleh khas Medan. Aku baru aja cobai  Bolu Toba Medan varian Kampung Keling Tiramisu dan varian bolu gulung tiga rasa. 

Tempat menunggu yang nyaman

Oleh oleh Medan yang terkenal ini sudah ada sejak 2018, enggak akan mengecewakan dijadikan buah tangan, dimakan sendiri, bersama keluarga, atau teman. Kenapa? Yuk, kita ulik satu persatu:

1. Kemasan yang Elegan
Kita mulai dari yang paling luar. Waktu itu, aku mencoba dua varian bolu, lalu mendapatkan paper bag bewarna hitam - putih dengan ukiran dan bertuliskan "Bolu Toba, Bolunya Medan". Paper bag-nya cukup bagus, karena engga gampang penyot atau meleyok, artinya engga akan gampang lecek. 


Kotak bolunya dengan warna dan motif yang serupa, dan berbahan tebal. Di dalamnya, tiap bolu dilapisi kertas roti. Untuk bolu gulung tiga rasa, sudah mendapatkan pisau kue. 

2. Tampilan yang Menarik


Ini beli bolu dengan toping atau beli toping pakai bolu? Bolunya kayak ketumpahan toping. Seroyal itu kasih topingnya, terlihat serutan coklat dan kejunya yang melimpah.

3. Rasa dan Tekstur
Setelah memikat dengan mata, lalu kita pun akan terpikat dari lidah. Secara umum, rasanya tidak enek karena manis dan krimnya tidak berlebihan, meski topingnya melimpah.

Varian Kampung Keling - Tiramisu


Kalau kalian pikir apa yang kalian lihat pada pinggiran varian ini, adalah pinggiran bolu, kita sama. Sama sama keliru. Menurutku, rasa dan tekstur pinggirannya lebih mirip waffle (atau memang waffle?).


Lalu dalamnya, kita akan menemukan bolu coklat dua lapis, dengan pembatas lapisan yang terasa seperti rice crispy yang berselimut melted chocolate. Jadi, teksturnya itu lembut tapi ada crispy-nya.

Varian Bolu Gulung Tiga Rasa (Keju, Coklat, dan Tiramisu)


Cocok untuk yang mau coba pertama kali, yang banyak maunya, tapi juga gak pingin berlebihan budgetnya. Pada bolu gulung kejunya, aku menemukan rasa mirip selai srikaya, jadi bolu gulung kejunya itu punya rasa gurih keju, dan manis. Bolu ini bisa dibagi tiga bagian loh, dipisah gitu.

4. Nama dan Pilihan Varian yang Unik

Dari nama "Bolu Toba", udah jelas mengarah ke Sumatera Utara. Lalu, nama variannya juga mengingatkan kita pada beberapa lokasi di Medan, seperti Japaris Durian, Kampung Keling Tiramisu, dan Titi Kuning Keju. Walau ujung ujungnya, buat yang pelupa seperti aku, akan menyebut "yang cokelat", "yang keju", atau "yang durian". 

5. Pelayanan yang Ramah


Kalau kalian membeli langsung, bukan pemesanan online, kan bakal jumpa dengan staf toko. Menurutku, mereka ramah ramah dan dengan senang hati mengenalkan dan membantu kita memilih varian bolu.

Ada juga cemilan produk UMKM

Di menu, sudah ada deskripsi bolunya, tapi mereka enggak enggan menjelaskan kembali, atau memberikan rekomendasi saat kita menanyakan.

6. Promo Menarik


Ikuti instagram @bolutobamedan, untuk update promo menarik. Salah satu promonya yaitu promo komunitas. Ada potongan harga 20% pada hari jumat, dengan minimal pembelian 10 cake. Caranya, cukup menunjukkan kartu anggota komunitas yang kamu miliki.

Tempat Oleh Oleh Khas Medan Bolu Toba


Toko oleh oleh Medan ini berada di Jl. KH. Wahid Hasyim No.55, Babura dan Jl. Diponegoro No.20B, Madras Hulu, atau bisa langsung cari di Google Maps "Bolu Toba Medan".
Hadir juga di Shoope food, Grab Food, dan Gojek.

Pilihan Cara Pembayaran
Pembayarannya bisa dilakukan dengan tunai dan non tunai seperti Shopee pay, OVO, Gopay, dan tersedia pula beberapa mesin EDC.

Kaos produk UMKM

Repurchase or No?
Yes, I will. Kalo aku tadi dari luar kota, dan mampir ke Medan, kayaknya ini bakal jadi oleh oleh wajib Medan yang harus aku bungkus bawa pulang. 

Ririn Anindya

......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar