Pigeon: Bantu Merawat Buah Hati, Mulai Perihal MPASI hingga Mandi

Bulan ini, Nua masuk masa memberi MPASI. Nggak jarang aku mendengar tantangan kawan kawan ketika bayi mereka dalam fase ini. Mengingat tumbuh kembang 1000 hari pertama anak akan berefek jangka panjang, aku berusaha lah melakukan bermacam persiapan. Dari menyiapkan alat makan, baca buku, mengikuti akun yang membahas MPASI dan para DSA, ikut kelas whatsap, juga mencari info talkshow ataupun seminar.

Pigeon Liquid Cleanser


Hingga bulan lalu, dr. I.G.A.N Pratiwi, Sp.A, MARS mengepos di instagram beliau, info talkshow yang berlangsung dua hari berturut di Medan. Hari pertama membahas Breastfeeding dan hari kedua tentang MPASI. Sayangnya, aku hanya bisa hadir di hari pertama, karena hari kedua terbentur acara lamaran adik.
Pada talkshow itu, aku mendapat bingkisan Pigeon Bottles and Accessories Cleanser, Pigeon Baby Laundry Detergent, dan juga tisu basah. Meski di rumah memakai pompa ASI, botol, sudah ada alat makan, dan sabun bayi Pigeon, saat itu pertama kali aku tahu Pigeon sudah ada cairan pembersih ini. 
 
Seminar Pigeon
Foto Dikirimi Panitia Pigeon Breastfeeding 911 Medan

Pigeon didirikan pada 1957 oleh Yuichi Nakata di Jepang. Yang tujuan awalnya memang untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi di dunia. Dibuat dengan bahan berkualitas, tahan lama, dan user friendly.


Review Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser

Jadi teringat, selain nutrisi, tekstur, dan pola makan, kebersihan alat makan juga harus diperhatikan. Apalagi untuk bayi yang saluran cernanya belum 'se-expert' ibu bapaknya ketika menghadapi bakteri E. Coli - si penyebab diare. Kalau bayi mengalami diare, bukan hanya menimbulkan mulas dan bolak balik pup, tapi juga menghambat penyerapan nutrisi dan bisa dehidrasi.
  
Pigeon Set Baby
Pendukung MPASI Baby Nua

Tapi apa bedanya ya, Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser dengan sabun pencuci piring biasa di rumah? Bisa membunuh bakteri? Sebelum memakai cairan pembersih yang ini, biasanya aku harus membilas berulang ulang agar busa hilang, lalu disiram dengan air panas harapannya bisa membunuh bakteri. Terkadang, itu pun masih menyisakan aroma yang agak menyengat.

Diformulasikan sesuai Kebutuhan Bayi

Beberapa sebab aku menggunakan Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser,

Food grade, bukan hanya dapat mencuci mainan, botol, atau alat makan. Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser ini juga dapat mencuci buah dan sayur. Buah dan sayur bukan hanya perlu bebas debu tapi juga bebas pestisida sebelum dikonsumsi, ya kan? 

Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser
Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser

Sedikit busa dan mudah dibilas. Nah, kalau ini bisa memangkas kerepotan ibu dan bapak dalam membilas peralatan bayi karena sedikit busa, cairan ini juga ampuh membersihkan peralatan bahkan sisa lemak susu sekalipun. Jadi nggak perlu khawatir apakah sisa makanan atau malahan cairan pembersihnya masih menempel pada alat yang kita cuci.
Bebas paraben. Paraben merupakan zat kimia yang biasanya digunakan sebagai pengawet. Dalam batas tertentu, masih dianggap aman. Namun terutama untuk produk yang akan digunakan bayi, apalagi pemakaian intens dan dalam waktu lama, sebaiknya dihindari karena bersifat karsinogenik. Mengutip dari Kompas.Com, 

"Kandungan ini berbahaya dan bersifat karsinogenik (memicu kanker). Efek paraben pada bayi dalam jangka pendek mungkin hanya sebatas iritasi pada kulit. Tapi pada saat dewasa si kecil bisa saja mengalami gangguan hormon dan masalah kesehatan lain."

Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser juga sudah teruji oleh dermatologis (dokter kulit) dan anti bakteri, telah diuji di laboratorium terhadap E.coli,  S. aureus, dan P. Aeruginosa. Cairan pemebersih ini sudah tersedia di swalayan, baby shop, dan minimarket.

Cara Menggunakan, Ukuran, Cairan Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser

Aku mengkhususkan wadah dan spon untuk  mencuci peralatan bayi ya, jadi nggak barengan sama spon atau wadah mencuci piring orang serumah. Cara menggunakannya dapat kita lihat pada kemasan bagian belakang,

Pigeon Liquid Cleanser
Petunjuk Pemakaian

Pigeon Baby Bottles and Accessories Cleanser tersedia dalam kemasan 500ml dan isi ulangnya 450ml, agak riweuh memang kalau mau dibawa pergi pergi, misalnya traveling atau mudik. Apalagi nggak ada kemasan travel pack. Solusinya, jika mau dibawa pergi, bisa diisi dalam kemasan yang lebih kecil. Misalnya, 'menghibahkan' 1 botol atau kantong ASIP. Cairannya ini enggak kental kayak sabun cuci piring umumnya, malah encer rada kayak air biasa, dan bening.

Pigeon Baby Laundry Detergent

Sekarang, aku sudah menggunakan botol ketiga. Satu botol isinya 500ml. Ini ampuh membersihkan pakaian Nua bahkan yang ada noda pupnya. Meski ampuh membersihkan noda, detergen ini enggak membuat pakaian rusak.

Pigeon Baby Laundry Detergent
Pigeon Baby Laundry Detergent

Tisu Basah 
Ada tiga jenis tisu basah Pigeon yang kudapatkan: Baby Wipes, Anti-Bacterial, dan Hand and Mouth Wet Tissues. Ketiga tisu ini sama sama lembut dan nggak mudah koyak. 

Favoritku adalah yang Baby Wipes. Tisu ini bebas paraben, bebas pewangi dan alkohol. Jadi kandungan tisunya adalah pure water. Aku biasa menggunakannya untuk membersihkan Nua sehabis pup atau saat mengganti popok. Juga cocok untuk bagian luar tubuh lainnya.

Tisu Basah Bayi
Tisu Basah Variatif

Sedangkan yang Anti-Bacterial Wet Tissues, digunakan untuk membantu membasmi kuman. Misalnya, saat keluar jalan jalan, nggak jarang aku membawa teether atau mainan Nua. Terkadang, teether-nya diletak di meja aja begitu, sebelum dipakai lagi, aku lap dulu dengan tisu ini lalu kalau ada air, ya bilas dengan air. Oh ya, kadang Nua suka mengemut pinggiran stroller. Jadi ya, nggak jarang ku kudu lap bagian yang sering diemut itu. Tisu ini digunakan jika sabun dan air nggak tersedia.
Dan terakhir, Hand and Mouth Wet Tissues, yang digunakan untuk mengelap tangan dan mulut bayi yang biasanya 'celemotan' saat makan.

Pigeon Lotion dan Baby Wash 2 in 1
  
Pigeon Baby Wash 2 in 1
Lotion dan Baby Wash
Oke, ini dua ulasan terakhirku di post ini tentang Pigeon, walaupun masih ada botol, pompa ASI, breast pad, dan celana korset, serta feeding set Pigeon. Iya loh, Pigeon ada celana korset juga. Entah kenapa pengin aja gitu ulasnya, karena memang aku pakai dan suka.

Kalau lotion-nya, aku sih jarang pakaikan Nua ini. Palingan saat keluar rumah dan udara terasa kering, atau saat ke ruangan yang AC nya dingin dan on terus. Nah, Pigeon Baby Wash 2in1 ini jadi favoritku, alhamdulillah cocok di kulit Nua, karena benaran menjaga kelembaban kulitnya dan enggak buat rambut anak bayi ini kering. Pigeon Baby Wash 2in1 memiliki ph 5.5, mengandung jojoba dan chamomile,  tanpa pewarna, serta enggak pedih di mata.
  
Pigeon Liquid Cleanser

Wah benar benar ya, Pigeon menemani masa masa aku ‘bertumbuh’ sebagai ibu, juga tumbuh kembang Nua. Buibu dan ayah, punya cerita apa bersama Pigeon?

Posting Komentar

1 Komentar