8 Hal yang Menarik Warga Medan untuk ke Hokben

Hokben? Tentu tidak asing di telinga. Iklannya wara wiri di TV sejak tahun 90-an. Namun, penasaran dan keinginan terkadang baru terjawab saat rasa itu mulai pudar. Begitu nasibku sebagai anak anak Medan yang kerap membayangkan menyantap Hokben ketika jeda iklan kartun Doraemon ataupun Dragon Ball. Di mana sebelum re-branding pada 2013, resto pelopor kuliner bergaya Jepang ini dikenal dengan nama Hoka Hoka Bento yang memiliki arti makanan hangat di dalam box.

Special Bento No. 4

Kini, hasrat menikmati sajian resto yang pertama kali dibuka pada 1985 di Kebon Kacang Jakarta ini, tak sekadar dalam khayal.

Berikut delapan hal yang membuatku sebagai warga Medan pergi menikmati sajian resto asli karya anak bangsa ini:

1. Hokben Sudah Buka di Medan
Bertepat pada 28 Januari 2020, Hokben resmi beroperasi di Medan sebagai gerai Hokben ke-168 di Indonesia. Sehingga ini menjawab rasa penasaran akan mereka yang belum pernah mencicipi Hokben, serta menggenapi kerinduan mereka yang pernah menyantap Hokben di kota lain.

Sehari sebelum dibuka untuk umum

Lokasinya ada di lantai 4 Sun Plaza dengan kapasitas 126 kursi. SUDAH ADA DI MEDAN YA, GAEEES!

2. Sajian Puas dan Ada Menu Unik
Seperti yang pertama kali kurasakan. Bahan sajian Hokben, segar. Meski enggak menggunakan MSG, rasa pun tetap enak dan porsinya nendang di perut.



Ekkado dan Tori no Teba
Dua menu ini sudah terdaftar sebagai HAKI Hokben. Artinya, ini hanya dapat kita temui di Hokben.

Ekkado, merupakan telur puyuh berlapis olahan daging udang, dengan kulit tahu yang membungkus, dan diikat dengan daun kucai. Seperti mendapatkan kado egg (telur) kan ya?

Tori no teba, ebi fried, ebi furai

Tori no teba secara harfiah diartikan dengan "sayap ayam". Namun, ini berbeda loh dengan sayap ayam biasa karena sayap ayamnya diisi dengan daging ayam olahan.

3. Sertifikat Jaminan Halal dan Penghargaan akan Kualitas
Hokben mendapat sertifikat halal MUI pada tahun 2008, lalu mendapat Sertifikat Sistem Jaminan Halal MUI yang proses dan penilaiannya lebih ketat lagi, pada 2017.

  • Lebih mengenal Hokben lewat Mbak Irma Wulansari
    Communication Division
    PT Eka Boganti (Hokben)

Meski Hokben baru mendapat label halal MUI pada 2008, bukan berarti sebelumnya tidak halal. Melainkan prosedur mengurus label MUI bukan proses main main, bahkan harus memerhatikan kehalalan pemasok bahan baku Hokben-nya pula.

Vendor daging juga bersetifikasi halal

Hokben juga meraih penghargaan baik nasional ataupun internasional seperti 'Millenials Top Brand Awards" dari Warta Ekonomi tahu  2019, "Brand of The Year 2017 - 2018 Quick Service Restaurants Indonesia" dari Word Branding Awards, dan "Top 3 Most Powerful Restaurant Brand in Indonesia" pada 2017 dari Survey Brand Asia.

4. Memberdayakan Masyarakat dan Bahan Pangan Lokal
Tiap resto Hokben didominasi oleh tenaga kerja lokal, sehingga kehadirannya di suatu daerah turut menambah lapangan pekerjaan pula.

Tak hanya itu, bahan pangannya pun berasal dari petani lokal, selain menjadi 'berkah' bagi petani lokal, jarak yang singkat pun membuat kualitas bahan pangan lebih terjaga.

Sayuran dari petani lokal.
Untuk Hokben Medan, asal sayuran dari petani Berastagi


5. Tanggungjawab Sosial mulai CSR dan dukungan Use Less Plastic
"Share to love, love to share" begitu slogan Hokben dalam menjalankan program CSR. Selama 18 tahun Hokben fokus pada dukungan pendidikan, baik membantu peserta didik yang berprestasi atau kurang mampu, untuk pendidik, ataupun membantu membangun infrastruktur pendidikan. Dan diantara penerima program CSR untuk pendidikan ini adalah anak anak para petani bahan mentah Hokben.

Selain itu Hokben juga menggerakkan aksi sosial lainnya seperti aksi donor darah yang dilaksanakan di Sun Plaza pada 28 Januari 2020.

Mengurangi limbah plastik dengan tidak menyediakan pipet

Hokben mengajak para pelanggannya untuk mengurangi limbah plastik. Caranya antara lain, mengahak membawa wadah sendiri seperti kotak makan atau tumbler untuk pemesanan take away, tidak menyediakan sedotan, dan khusus Bali Hokben tidak menyediakan kantong plastik.

Jajaran menu Hokben

6. Bisa pesan lewat Web, Aplikasi, Hokben Deliverry
Hokben pun mengikuti perkembangan zaman. Kita dapat memesan mewat web nya di hokben.co.id. Bahkan, kita diedukasi tentang berapa kalori, protein, natrium, dan yang lainnya, yang terkandung dalam tiap menu.


Selain via web, aplikasi Hokben yang bisa diunduh di playstore atau applestore. Tak ketinggalan, Hokben Deliverry yang bjsa dihubungi di 1-500-505.



7. Ada Menu untuk Anak, Large Order, dan Penawaran Menarik
Kidzu Bento, adalah menu Hokben yang khusus dibuat untuk anak anak. Eits bukan berarti orang dewasa tidak boleh makan ya.

Large order, Hokben juga menerima pesanan dalam jumlah besar untuk menyukseskan acara seperti pesta, peringatan hari besar, dan sebagainya.


Penawaran menarik bagi 100 orang pembeli pertama dengan syarat tertentu, pada 28 dan 31 Januari 2020 ada bantal bergambar maskot Hokben Hanako dan Taro. Serta voucher makan setahun pada 30 januari 2020. Sedang di bulan Februari akan ada payung Hokben pada 7 Februari, dan 14 Februari akan ada mug Hokben.


8. Pelayanan Ramah dan Suasana Ramah Keluarga
Saat kita berada di Hokben, kita akan melihat stiker atau patterns di dindingnya. Patterns itu bukan sekadar hiasan melainkan Hokben Community Pattern yang memiliki makna.

Hokben Community Patterns

Mulai dari  makna Hokben cocok sebagai resto untuk keluarga, respect dan keramahtamahan bukan hanya pada para pelanggan namun juga mitra Hokben lainnya.

Suami menyusul sepulang kerja

Btw, kalau perlu baby chair, sampaikan aja ke waitress ya, mereka akan dengan senang membantu kita. Next, aku udah ada menu incaran nih di Hokben. Dan setelah kemarin makan bareng teman, selanjutnya akan makan bareng keluarga. Kalau menurut kalian, enaknya makan Hokben bareng siapa, ya?

Posting Komentar

2 Komentar