Minggu, 17 Februari 2019

Amcorp Mall: Sajikan Barang Antik Terjangkau Berkualitas

Jalan-jalan ke pasar loak besar di Asia Tenggara. Berburu barang bekas dan antik berkualitas di Amcorp Mall, Petaling Jaya, Malaysia.


Apa yang kita pikirkan ketika mendengar “pasar loak”? Gerah? Berdebu? Atau barang – barang dengan kualitas ‘harap maklum’? Ya mungkin saja  akan menemukan hal kurang menyenangkan di atas.

Amcorp Mall, Barang Antik, Flea Market
perangko, uang, dan gelang giok

Namun untuk sebagian pemburu barang antik atau harga miring, tentu hal tersebut bukan masalah. Konon lagi jika pasarnya adem, rapi, lengkap, dengan barang – barang berkualitas baik, apa gak bahagia kali jadinya, ya kan? Keluar cakap Medan. Pasar loak yang se-menyenang-kan itu, bisa kita temukan di Amcorp Mall, Petaling Jaya, Malaysia.

Amcorp Mall, Barang Antik, Flea Market
Sambutan dari pihak Amcorp Mall

Berbeda dengan mall – mall lebih modern dan umumnya memajang barang – barang branded di Kuala Lumpur, Amcorp Mall justru hadir dengan ke-khas-an-nya sebagai flea market atau pasar loak. Mall yang terletak antara Kuala Lumpur dan Shah Alam via Federal Highway ini, merupakan the biggest indoor flea market di Asia Tenggara.

Amcorp Mall, Barang Antik, Flea Market
Satu-satunya foto diri yang berhasil selamat

Pengalaman mengunjungi Amcorp Mall, aku dapatkan saat menggenapi undangan Kementerian Tourism Malaysia akhir 2017 lalu. Undangan untuk meliput event Miss Shopia Shoping Hunt 2.0, yang isi kegiatannya 'sa'i' dari mall ke maal di Kuala Lumpur.


Miss Shopia Shoping Hunt
Pembukaan Miss Shopia 2.0 diikuti masyarakat umum Malaysia dan delegasi

Liputan event ini sudah dituangkan di Komburkali. Next, di sini kayaknya bakal pingin pos pengalaman itu dengan lebih personal lagi. 

Amcorp Mall, Sate, Flea Market
Sebelum keliling Amcorp Mall


Tak hanya barang loak

Meski disebut flea market, di mall yang pada 2019 ini berusia 21 tahun, kita tak hanya menemukan barang – barang second hand, tapi juga dapat menemukan barang – barang baru. Barang- barang yang benar – benar baru, atau barang baru yang super jadul, antik, dan unik. 

Amcorp Mall, Barang Bekas, Flea Market
Baju bekas masih bagus-bagus
Barang – barang bekas di sana pun umumnya juga memiliki kualitas yang masih bagus. Orang – orang yang datang kemari bukan hanya untuk membeli, tapi juga ada yang menjual, atau bahkan barter.


Apa saja yang bisa kita jumpai di Amcorp Mall?

Amcorp Mall, Barang Antik, Flea Market
Vinyl Record

Banyak. Kita bisa menemukan vinyl record atau piringan hitam, buku – buku, alat – alat rumah tangga berbahan keramik atau pun tembaga, benda – benda yang ada di zaman kakek - nenek. Tak ketinggalan perangko dan uang lama dari bebagai negara.

Amcorp Mall, Barang Antik, Flea Market
Yang ini barang - barang baru

Dan yang paling mudah ditemukan adalah mainan! Mulai dari Hot Wheels, Star Wars, sampai Barbie. Kalau mau dijabarkan satu demi satu apa saja yang ada di sana, bisa setebal skripsi.

Amcorp Mall, Barang Antik, Flea Market
Pajangan dinding dan poster


Menemani tumbuh
Salah satu keberkahan kala itu, saat main ke sana bertemu, berbincang, dan dipandu oleh Pak Azhari berkeliling – keliling mall ini. Beliau salah satu pakar barang antik dan penulis  yang juga memiliki toko di Amcorp Mall. Pak Azhari Mahmood dengan ramah dan senang hati menjelaskan hal – hal yang menarik di sana. 

Amcorp Mall, Barang Antik, Kolektor
Pak Azhari

Tak ketinggalan beliau juga menunjukkan beberapa toko besar yang dahulu mulanya berjualan hanya dengan menyewa satu – dua meja. Di antaranya adalah toko buku BookXcess 'orantua' dari Big Bad Wolf, bazar buku internasional. Cerita tentang Big Bad Wolf yang aku kunjungi, bisa dibaca di sini ya:



Amcorp Mall, Big Bad Wolf, Flea Market
BookXcess

Beliau bukan hanya fasih menjelaskan perihal barang antik di Malaysia tapi juga negera lainnya. Bahkan, kita sempat menyinggung keantikan di Yogyakarta dan Jalan Braga Bandung. Alahaiii.


Berakhir pekan di  flea market

Amcorp Mall, Barang Antik, Flea Market
Pengunjung Lantai Dasar

Amcorp Mall memang buka dari Senin sampai Ahad, namun untuk flea market – nya sendiri, kita baru dapat temukan di akhir pekan yakni Sabtu dan Ahad. Harga – harga yang ditawarkan cukup terjangkau, tapi kita juga masih boleh melakukan tawar menawar.

Amcorp Mall, Barang Antik, Flea Market
Batu Cincin
Dan membeli 4 buku mantul kali di sini,
masing-masing seharga RM 5 atau sekitar Rp 17.335 (kurs RM 1 = Rp 3.4670)

Tak perlu khawatir kelaparan ketika berburu di flea market, karena di sini juga banyak  gerai makanan yang siap untuk memanjakan lidah.

Amcorp Mall, Kuliner Malaysia
Makan siang setelah berjelajah Amcorp Mall

2 komentar:

  1. Tadi baca pembukaannya otomatis pakai ala pantun ... Eh rupanya bukan pantun...wkkk


    Klu aku termasuk yg suka n bahagia klu ke pasar loak yang di sana kurasa. Walau tujuannya bukan utk belanja...asik aja lama2 ngeliat barang2nya. Berasa ke musemum serba ada gitu.apalagi kalau tempatnya nyaman kayak gitu.
    Jangan tanya kalau emang tujuannya belanja...pasti 2 kali lebih over budget...wkkk...ampun dah

    BalasHapus
  2. Barangnya imut2 semua. Aku suka koleksi vintage. Rasanya kok seperti menembus ruang dan waktu. Kita seperti punya pengalaman tersendiri saat melihat barang-barang eks ini. Duh jadi pengen ke sana. Btw, sate itu sedikit mengecoh fokus membacaku kak . Love

    BalasHapus

Created By Sora Templates