Jumat, 14 Juli 2017

Kenali Sebab dan Atasi PHP dalam Buang Air Kecil

Kau harus bisa, bisa berlapang dada
Di-PHP memang enggak enak. Misalnya ojek online yang di-PHP customer atau sebaliknya, atau ada yang ngajak jalan eh batal tanpa alasan. Termasuk di-PHP dalam urusan buang air kecil, kirain bakal lega karena banyak keluar, ternyata sedikiiit tapi bolak – balik dan malah nyeri. PHP yang satu ini biasa disebut sebagai anyang-anyangan atau Infeksi Sistem Kemih (ISK).

Anyang – anyangan bukan ayang – ayangan
Anyang – anyangan bukan cuma buat bosan dan enggak asyik tapi juga tanda bahwa sesuatu yang enggak baik terjadi pada sistem kemih, khususnya pada penyimpanan urine atau air seni atau water art.
Karena secara anatomi pada perempuan saluran BAK (Buang Air Kecil) lebih dekat dengan saluran BAB, perempuan lebih rentan terkena anyang – anyangan.  Tapi laki – laki juga bukan serta merta terbebas dari ini. So, sebenarnya apa ya penyebabnya?

Penyebab anyang-anyangan
Dengan mengetahui penyebabnya, kita lebih dapat mengantisipasi dan enggak panik. Ingat kata pepatah “Mencegah lebih baik daripada bolak – balik ke toilet”. Ada pun beberapa yang dapat menyebabkan anyang – anyangan, antara lain:
  • Bakteri. Bakteri menyerang saluran kemih seperti ginjal, ureter, kandung kemih, atau uretra merupakan sebab yang paling banyak terjadi. That’s why secara anatomi tadi perempuan, lebih rentan terkena gangguan ini. Dan peluang terjadi semakin besar jika terbiasa membilas kemaluan dari belakang ke depan setelah buang air.
  • Sering menahan – nahan buang air kecil. Misalnya nih sering enggan beranjak dari depan PC untuk ke toilet padahal sempat terasa sesak, mager karena game yang dimainkan lagi seru. Atau sering menahan buang air kecil di perjalanan, ya bukan berarti lebih baik ngompol atau buang sembarangan, namun ketika ada kesempatan singgah di tempat umum yang ada fasilitas toiletnya seperti SPBU upayakan ke toiletnya, atau sebelum pergi, ke toilet dulu.
source: pinterest.com
  • Minum berlebihan. Minum – minuman beralkohol, bahkan berlebihan minum kopi atau teh juga bisa menyebabkan anyang-anyangan.
  • Tekanan psikologis, seperti terlalu cemas atau depresi.
  • Beberapa sebab lainnya seperti kehamilan, hal ini dikarenakan pembesaran rahim yang menekan kandung kemih sehingga urine sulit keluar. Pembesaran prostat pun jadi salah satu penyebab anyang – anyangan.
Ini termasuk anyang-anyangan, bukan?
Selain bolak – balik, tidak lega buang air kecil, dan pada wanita ada rasa nyeri di panggul sedangkan pada pria nyeri di anus, gejala umum lainnya adalah bau yang menyengat dan warna urine yang keruh bahkan kadang terdapat darah, serta rasa lelah dan enggak fit.

Bagian terinfeksi pada sistem kemih membuat adanya perbedaan gejala anyang – anyangan. Misalnya jika infeksi terjadi pada ginjal, maka akan timbul gejala seperti nyeri pinggang bagian belakang atas, demam, mual, dan muntah. Jika kandung kemih yang terinfeksi maka gejala yang muncul seperti tidak nyaman di bagian bawah perut, panggul serasa tertekan, berulang-uang BAK dan terasa nyeri, hingga adanya darah pada urine. Sedangkan jika yang terinfeksi adalah saluran kencing, maka kemaluan akan terasa nyeri saat BAK.

Cara mencegah dan mengatasi anyang – anyangan
  • Biasakan membilas kemaluan dari depan ke belakang setelah buang air.
  • Hidari minuman beralkohol dan hindari berlebihan minum minuman berkafein.
  • Cukup minum air mineral.
  • Jika terkena anyang-anyangan karena pembesaran prostat atau kehamilan, tentunya segera konsultasikan ke dokter. Jangan asal – asalan memberi pengobatan, misalnya membilas dengan cairan yang dibeli di sembarang tempat. Selain berisiko, juga kurang atau tidak efektif.
  • Konsumsi makanan alami yang membantu dalam mengatasi anyang – anyangan. Di antaranya adalah buah cranberry. Hal ini dikarenakan buah cranberry mengandung antioksidan yang disebut  proanthocyanidins yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi ini. Selain itu, anti adhesi pada anti oksiadan menyebabkan bakteri tidak menempel pada saluran kemih sehingga tercegahnya penyebaran. 
Buah Cranberry?
Buah cranberry ini mirip dengan blueberry tapi warnanya merah, mengandung serat dan vitamin C yang cukup tinggi. Mudah kok ditemukan, tapi itu kalau lagi di Amerika atau Kanada, hehe. Enggak solutif banget, ya? Secara anyang – anyangan di Indonesia, cari buah sampai ke sana. Sampai di Amerika udah lah anyang – anyangan, jet lag lagi. Pedih.

Uri-cran, ekstrak craberry alami.
Syukurlah sekarang teknologi makin maju, sudah ada ekstrak cranberry alami yang dipasarkan di Indonesia, yakni Uricran. Ada yang dalam bentuk kapsul dan juga serbuk yang bisa diminum. Rasa Uricran ini, asam-asam manis dan segar.

Kalau kita pernah kena PHP oleh seseorang atau sesuatu, yuk berusaha move on, jadikan kenangan yang dapat diambil pelajaran. Dan jangan ditambah dengan PHP dalam urusan saluran kemih. Cukup Roma!

7 komentar:

  1. Ternyata ada yg lebih nyesek dari pada diPHP si kawan. Si art water ini lebih bikin nyesek

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, kalo udah sesak, buanglah yo :D

      Hapus
  2. wah, minum kopi menyebabkan anyeng-anyengan, baru dengar,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau minum kopi dalam takara normal, enggak masalah bang. Tapi kalau berlebihan, ii yg meningkatkan potensi anyang-anyangan, karena kandungan kafeinnya.
      Takaran kafeik wajar perhari maks 400mg, dlam segelas kopi takaran kafein berkisar 95-200mg.
      Efek kafein sendiri - terutama jika berlebih - bisa mempercepat denyut jantung, which is ini akan mempercepat tekanan darah, termasuk yang darah harus disaring ginjal dan pengeluaran cairan berlebih. Kafein juga menghambat penyerapan air di ginjal, sehingga air yg diperlukan juga ikut terbuang, makanya jadi keinginan BAK meningkat. Terakhir, kafein yg berlebih juga bisa melemaskan otot kandung kemih, sehingga tidak dapat menampung terlalu banyak urine.

      Jadi ya kalau berlebihan memang gak baik, kalau dalam takaran wajar, justru ada kebaikan yg bisa diambil dari kopi.

      Hapus
  3. udah lah jomblo, di PHP water art pulak lagi, kok ya segini amat hidup *halaaah , tapi gimana pun tetep penasaran dengan buah cranberry asli ya Mak, kapan ada rencana ke Eropah atau Amrik?

    BalasHapus
  4. Ujung2nya bung Roma juga ya.😅

    Di pehape biasanya kan karena janji manis atau manis2 jambu gitu la, kalau di-pehape-in yang ini itu cemanaa gitu ya kan😅

    pertiwisoraya.com

    BalasHapus

Created By Sora Templates