Fans Cemilan Garis Keras
"Gara-gara rebutan ini, bisa perang dunia ke-3, save the best at the last!" Adikku menyisihkan kulit dari ayam goreng tepung yang begitu crispy. Menggoda. Sempat saya berpikir, kenapa cemilan enak-enak, banyak yang kurang sehat?
 
Gehu pedas
Misalnya saja gehu yang dijual tak jauh dari rumah. Ia hadir di tengah kehampaan pasca abang cilok pindah tanpa tahu kemana, saat saya lagi suka-sukanya – sama cilok bukan abangnya. Lumayan enak tapi lumayan juga kandungan minyaknya. Belum lagi  mi ayam yang kaya micin, semua saya suka. Meski ibu sudah mengingatkan agar enggak berlebihan tapi saya memang fans cemilan dan mudah lapar. Pasrah.

Timbangan

BB: 41,4 kg. TB: 156,5 cm
Beberapa teman mengatur pola makan karena khawatir timbangan menjerit tapi justru saya pernah ingin menaikkan berat badan. Pasalnya, saya sempat ditolak saat mau donor darah karena berat yang kurang. Selepas itu, makin ganaslah mengemil. Kurang satu semester dari terakhir kali menimbang, berat bertambah 6,1 kg! Entah itu karena keteguhan mengemil atau karena faktor usia.
 
Numpang timbang di Puskesmas : 47,5 kg

Masalah Pencernaan
Berat badan enggak saya permasalahkan lagi namum rasanya ada yang salah dengan tubuh. Sempat saya berpikir kalau mudah lapar, letih, perut yang hobi melilit, jerawat, atau kulit yang berminyak yang saya alami karena faktor pikiran, kurang istirahat, atau kurang olahraga.
 
Curhat diet
Namun ternyata juga karena pencernaan yang terganggu sebab kurang mengonsumsi serat. Padahal selain dapat menurunkan kadar kolesterol, serat dapat mengikat lemak sehingga lebih mudah dicerna, dan secara normal merangsang aktivitas usus mengeluarkan kotoran. Jadi teringat wejangan ibu saya – maaf – tapi ini ada benarnya, “Jangan mau diatur BAB, kita yang harus ngatur BAB!”.

Dan ternyata, kurang serat juga membuat kita mudah lapar. Yaa Salaam, pantas bawaannya mau makan melulu. Karena sudah ada masalah begitu, mulailah saya jadi lebih aware dengan apa yang saya konsumsi, lagian berat badan juga udah lewat target.

Jadi saya putuskan untuk diet. Btw, diet bukan terbatas pada menurunkan berat badan, tapi lebih kepada mengatur pola dan porsi makan, serta asupan nutrisi. Engak mudah sih, tapi bukan berarti enggak bisa dicoba. Cumanya, kalau lapar dan belum jam makan, gimana? Dilema lagi.

Angin segar:  Heavenly Blush TummYogurt Bar dan TummYogurt Drink
Waktu lagi duduk-duduk di Starbuck Coffee, mata saya menangkap snack Heavenly Blush TummYogurt Bar di jajaran meja kasir. Sebelumnya yang saya tahu, Heavenly Blush itu hanyalah minuman saja: Heavenly Blush Yogurt Drink To Go.
 
Heavenly Blush Yogurt Drink To Go
Belakangan saya baru tahu kalau Heavenly Blush mengkhususkan diri dalam dunia per-yogurt-an. Yogurt sendiri berasal dari susu fermentasi yang kaya kalsium, vitamin D, dan juga sumber probiotik. Dengan nutrisi yang se-begitu, yogurt bagus pula untuk ibu hamil dan janin. Bersyukurlah ibu – ibu hamil yang ngidam yogurt. Tapi ngidam mah enggak bisa di-request, yak?

Singkatnya, saya coba kedua varian Heavenly Blush TummYogurt Bar yang ada: Berries yang mengandung 90 kkal dan Lime 100 kkal.

Heavenly Blush TummYogurt Bar Berries & Lime
Komposisi
Mencermati jejeran keterangan komposisi, maka cemilan ini termasuk high fiber a.k.a kaya serat, sebab mengandung oat dan multigrain yakni campuran aneka biji-bijian. Diantaranya ada biji chia, biji labu, biji bunga matahari, serta wijen hitam dan putih. High fiber dapat membuat pencernaanmu lebih sehat. Pencernaan sehat membuat nutrisi makanan dapat diserap optimal. Serat dapat membantu melancarkan pencernaan sehingga membantu menurunkan berat badan pula.
 
Informasi komposisi di kemasan
Biji chia sendiri kaya omega 3 yang baik untuk otak, sumber serat, protein, dan tetap rendah kalori. Sedangakan biji labu merupakan sumber vitamin B dan mengandung senyawa L-tryptopan yang dapat meningkatkan mood. Dan biji bunga matahari alias kuaci sumber vitamin E, bagus buat kulit. Tak ketinggalan biji wijen yang dapat melindungi hati dari kerusakan. Biji-bijian tersebut memiliki manfaat lignan, yakni menurunkan kolesterol.

Rasa dan Sensasi
Meski komponen Heavenly Blush TummYogurt Bar ini buanyak, ngalah-ngalahin jumlah personel dalam satu boyband, namun rasanya berpadu - padan dan sama sekali enggak buat enek, malah enak di mulut, padat di perut, sehingga membantu kenyang lebih lama.

Heavenly Blush TummYogurt Bar (Berries)
Lime atau berry? Jangan disuruh memilih, susah. Kalau lime itu ada sensasi segar jeruk nipisnya, sedangkan berry ada manis-asam karena ada potongan buah berry-nya juga.

Kehadirannya memadamkan kegusaran saya yang mulai selektif memilih cemilan, karena ini menjadi alternatif snack sehat dan yummy. Bagaimana mungkin enggak sehat, mengingat kandungan Pitosterol pada biji-bijian dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara dan usus besar. Begitu pun bakteri baik pada yogurt, dapat menghambat sel – sel kanker pada saluran cerna. Which is, kanker kolon yang menyerang usus besar dan sistem pencernaan terakhir tubuh, menduduki peringkat ke-tiga sebagai kanker paling berbahaya di Indonesia. Biar dikata ada BPJS, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Kalau pingin coba Heavenly Blush TummYogurt Bar, kita bisa temukan di Starbuck Coffee, Food Hall, dan Farmers Market. Untuk daerah Medan, ada juga di Berastagi Supermarket.

Heavenly Blush TummYogurt Drink

Heavenly Blush TummYogurt Drink
Selain ada dalam bentuk bar, ada pula Heavenly Blush TummYogurt Drink. Jadi ini adalah fresh yogurt yang kental dan berserat tinggi dengan buah dan sayuran. Yup, buah dan sayuran juga merupakan sumber serat. Karena serat bersifat memperbesar volum makanan tanpa meningkatkan kalori, kita bisa kenyang lebih lama, enggak bolak – balik ngemil, sehingga membantu diet apalagi kalau mau menurunkan berat badan. Suatu cara menahan lapar yang menyenangkan. Walau kental, fruit & veggie yogurt ini tetap rendah lemak (low fat). Jadi, Heavenly Blush Hi Fiber TummYogurt Drink, good for your tummy.

Enggak suka karena khawatir yogurt-nya asam? Yang saya rasakan ya, yogurt Heavenly Blush tidak terlalu asam dan manisnya pas, ternyata hal itu karena menggunakan bakteri baik generasi terbaru yang khusus dalam pembuatan yogurt-nya. Minum yogurt enggak perlu picing mata, merem – melek, karena keasaman.


Heavenly Blush TummYogurt drink kini tersedia di Indomaret seluruh Indonesia. Kalau kebetulan stok-nya lagi kehabisan, bisa juga cari di Carrefour, Papaya, Food Hall, dan Farmers Market.

Kamu suka yogurt juga? Atau pernah punya masalah pencernaan karena cemilan kurang sehat? Sharing di kolom komentar, yak!

Happy Tummy : Healt tummy for my soul and body