Sabtu, 24 September 2016

Medan Napoleon Oleh-Oleh yang 'Ngartis' di Medan

Biasa, Artis. Banyak yang Minta Foto

Medan Napoleon, hanya tinggal menghitung hari, kue ini bakal 'ngartis' di kota Medan. Kamu yang main ke Medan, bisa mencoba kue unik ini dan rasakan sensasi baru. Kamu yang mau mengunjungi sahabat di luar Medan, bisa membawa ini sebagai oleh-oleh. Kamu yang mau buat suasana jadi lebih akrab saat ngobrol-ngobrol, bisa menyajikan kue ini sebagai teman teh atau kopi. Dan kamu, yang mau meluluhkan hati calon mertua, berdoalah.

Mendengar kata "Napoleon", saya langsung berpikir tentang seorang kaisar Perancis dan juga pemimpin Italia pada awal abad ke-19, seorang pemimpin yang kontroversial. Namanya pun sempat masuk daftar pada buku "100 Tokoh yang Paling Berpengaruh" tulisan Michael H. Hart. Lalu, saya jadi penasaran, mencari-cari benang merah antara kue Medan Napoleon dengan Napoleon Bonaparte. Benarkah ada suatu hubungan di antara mereka yang selama ini tidak diketahui publik? *mata picing-picing kayak kenak lampu jauh motor.

Jadi, walau pun namanya 'aroma Perancis', asal kue Napoleon ini justru dari Rusia. Apakah ini ada hubungannya dengan invansi Perancis atas Rusia? Oke, next time akan saya cari tahu lagi, karena hubungan yang perlu diupayakan agar menjadi  jelas dan sah sekarang, adalah hubungan aku dan kamu.Uhuk.

Awalnya yang kasih tahu kue Napoleon itu berasal dari Rusia, Si Babang Irwansyah. Ya, Irwansyah, belahan jiwa-nya Zaskia Sungkar, abang iparnya Shiren Sungkar - Cinta Fitri, itu loh. Kok abang itu pula yang kasih tau saya ya? Alhamdulillah karena waktu itu saya bisa hadir di soft launching Medan Napoleon oleh-oleh paten dan kekinian dari Irwansyah, bersama teman-teman dari FLP Medan dan Blogger Medan.

Jangan senyum-senyum dengan bangku sebelah yang kosong
karena abang ini udah pernah duduk di bangku pelaminan
Jadi kue napoleon itu, saya juga bingung, ini kue, roti, atau apa ya? Karena ada bolunya, terus ada kayak semacam crepes, terus ada isinya gitu. Agar lebih jelas, coba lihat gambarnya. Mau lebih jelas lagi, nikmati kuenya. Yang mulai dapat dinikmati khalayak ramai pada 30 September 2016.

Perhatian: Makan dengan tangan kanan dan
jangan makan benderanya

Medan Napoleon sendiri terdiri dari lima varian rasa : Napoleon Durian, Napoleon Cheese, Napoleon Caramel, Napolen Green Tea - Coklat, dan Banana Crezy. Durian-nya pakai Durian Medan, udah maklum kali lah, karena Medan ini terkenal dengan Durian. Kalau kata Irwansyah, "Dari sekian banyak durian yang saya coba, durian Medan, durian yang paling enak."

Saat bertemu kue ini, saya enggak bisa jaim atau mendadak bangsawan. Saya langsung coba dua rasa, rasa Durian dan Cheese di TKP. Ya, walau pun enggak jaim, makannya tetap satu persatu lah, dikunyah, dan enggak sama piring-piringnya. Lalu, gimana sensasinya? Saya suka! Pas pula belum sarapan. Manis dan lembut. Ada semacam bolunya dan juga crepes-nya. Sehingga bukan hanya ragam rasa saja yang dapat kita nikmati saat menggigitnya tapi juga dengan tekstur yang berbeda-beda.

Wawasan saya tentang kue memang pas-pasan, jadi payah bilangnya. Sebagai orang yang polos di dunia per-kue-an, yang saya tahu: kue ini enak!

Favorit saya: Green tea - Coklat 

Varian mana yang paling saya suka? Yang udah di-kotak-in, dan yang bisa saya bawa pulang, Green Tea -Chocolate! Karena saya juga memang bukan maniak durian. Teman saya bilang, dia paling suka justru yang Durian, ada juga yang suka Cheese. Lalu bagaiman dengan rasa Caramel dan Banana? Nah, ini sayangnya. Sayangnya saat itu, di antara kami belum ada yang sempat mencicipi kedua rasa itu.

Enggak bermaksud buat ngiler, namun jari  ini rasanya gatal mau kuliti nih Napoleon Green Tea - Chocolate.

Bagian terluar, teksturnya seperti bolu lembut, kita akan menemukan rasa teh hijau pada bagian ini dan tidak terlalu manis, sedikit saja manisnya.
Bagian crepes, crepes ini, ini crepes ya? Enggak tahu namanya, lupa nanya, cuma ingat makannya, aih menurur saya, rasanya sama denga crepes yang ada di varian cheese dan durian.
Bagian coklat, manis tapi enggak enek, dan pada coklat itu, ada printilan kacang mete.

Tapi enggak perlu sedih juga sih, karena seperti yang saya tulis tadi, hanya tinggal menghitung hari, Medan Napoleon akan Grand Launching. Yes, tepatnya tanggal 30 September 2016, bakal bisa dinikmati lagi.

Markas Medan Napoleon ada di Jl. Wahid Hasyim No. 46/45 Medan. Dari pada stalk mantan dan gagal move on, mending stalk aja akun instagram Medan Napoleon di @medannapoleon atau facebook di @medannapoleon. Enggak nyesallah kelen, gitu.

5 komentar:

  1. Aku kebagian rasa banana crezy yang untuk dibawa pulang. Sebagai penggemar teh, aku masih penasaran sama yang rasa green tea itu, Rin ;). Belum nyicipin!

    BalasHapus
  2. Menghitung hari... (lanjutkan lagunya)

    awak sebenarnya nodong abang-abang yang bertugas bagikan bingkisan kuenya. "Bang,ada yang Green Tea gak?" gitu :D

    Banana Crezy n Caramel melum nyicipiii....

    BalasHapus
  3. yang belum kebagian rasanya boleh order tanggal 30.. mumpung lagi promo loh..

    BalasHapus
  4. uwooohh, ini kalo liat kuenya kok mirip Snow Cake Surabayanya si Zaskia yaa? bedanya kayak ada cover yang nyelubungi si cakenya, kalo yang Snow cake cuma lapis-lapis yg dalamnya aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah nyoba snowcake mbak, tapi kayaknya komponennya gak jauh beda. Kalau medan napoleon, pastrynya di dalam berlapis2, diselubungi sama bolu, diantara pastry itu kayak semacam selai atau krim apa gitu mbak

      Hapus

Created By Sora Templates