Jumat, 18 Maret 2016

Wardah Beauty Class: Cara dan Fungsi Perlengkapan Make-Up

Se-sederhana atau se-ribet apa pun dandan, kalau enggak respect sama diri sendiri atau orang-orang baik di sekitar kita; kita enggak cantik, Sayang.

Ceritanya, Ahad tanggal 13 Maret 2016, pihak Wardah mengundang 10 perempuan dari komunitas BlogM (Blogger Medan) untuk mengikuti Wardah’s Beauty Class.
Doc. Kawan Blogger Medan
Ini wajah sebelum invansi Beauty class/gathering. Dari rumah udah pakai pelembab, bedak yang jenis tabur, eye liner, dan lipstik warna nude. Ya kita foto-foto dulu, biar tahu before – afternya. Oya, beauty class atau gathering ini, cukup seru dan lucu. Iya, lucu. Karena kebanyakan kita enggak profesional dan enggak gitu akrab dengan ‘alat perang’ yang terhidang di meja; one of them is me. 
Sebelum 'invansi'
(di bawah cahaya lampu) 
Kalau enggak dipandu sama Mbak dari Wardah, mungkin sebagian dari kita asal-asalan langkah-langkahnya. Alhasil, kita rada ribut, ahaha.
Doc. Kawan Blogger Medan
Make Up Kit Professional 

Wajah/Dasar:
Sebelum dibubuhkan make up, wajah mesti bersih dulu,  agar make up nya nanti bagus.

1.       Eye Make Up Remover
Fungsi: membersihkan make up pada mata.
Eye make up remover ini digunakan di bagian mata, luar mata ya! Jangan dalam mata. Caranya : basahkan kapas dengan sedikit make up remover, tahan 5 detik di bagian kelopak mata, hapus searah.

2.       Milk Cleanser
Fungsi: Membersihkan wajah secara menyeluruh.
Letakkan milk cleanser di 5 titik wajah: dagu, hidung, dahi, pipi kanan, dan pipi kiri. Pijat rotasi/memutar, dari bagian dagu menuju ke atas (pipi), untuk bagian dahi pijat dari bagian tengah ke kiri dan kanan. Bagian hidung juga dipijat rotasi. Lalu angkat dengan kapas dari bagian dagu menuju pipi.

3.       Face toner
Fungsi: Menyegarkan kulit, meringkas pori, mengangkat sisa kotoran.
Basahkan kapas dengan face toner, lalu ‘puk-puk’ wajah. Kalau make up yang lumayan berat dan mau pergi tidur misalnya, untuk membersihkan wajah, setelah membersihkan wajah dengan milk cleanser, bisa dilanjutkan dengan facial wash, lalu face toner.

4.       Sunscreen Gel SPF 30
Fungsi: Melembabkan sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar matahari.
Diletakkam di 5 titik wajah seperti milk cleanser tadi, lalu diusap ke seluruh wajah mengikut bulu halus wajah agar lebih merata dan cepat meresap. Kalau pipi dan dagu dari atas ke bawah, kalau dahi dari tengah ke kanan dan kiri. Bagian kelopak mata enggak perlu diberi sunscreen ya, ntar kalau keringatan, bisa terbawa ke mata jadi rada perih – perih gitu. Baru nyadar, kalau pelembabku selama ini gak ada SPF nya. 

5.       Foundation padat mix dengan liquid foundation
Fungsinya: meratakan warna kulit wajah  dan metupi noda seperti bekas jerawat.
Foundation yang di-mix ini, warnanya natural, gak terang juga gak gelap. Di-mix agar ‘jatuh’nya lebih halus dan tahan lama. Caranya : dibaurkan ke wajah mengguakan spon, selesaikan bagian per bagian. Misalnya pipi kanan dulu , lalu pipi kiri, dagu, dahi. Jangan ketinggalan hidung dan bagian bawah mata. Bisa juga dipoleskan ke bagian bawah bibir.

6.       Concealer
Fungsi: untuk menyamarkan bekas noda.
Kalau ada bekas jerawat membandal, yang gak tertutupi dengan penggunaan foundation. Oleskan concealer di bekas jerawat tsb.

7.       Bedak padat
Bubuhkan bedak ke wajah menggunakan kuas bedak. Tandanya bedak udah merata: enggak ada lagi bagian mengilap di wajah.

Mata:

1.       Eyeshadow
Yang aku gunakan adalah eyeshadow seri F, warnanya natural. Pertama, bubuhkan warna coklat sedang (yang tengah) ke kelopak mata, untuk menentukan batasnya; coba sentuh kelopak dan perkirakan tepi bola mata bagian atas, sampai situlah eyeshadow ini dibubuhkan. 
Lalu untuk bagian sudut mata dalam (dekat hidung) bubuhkan warna yang terang, kira-kira ¼ tepi mata. Lalu bubuhkan coklat gelap untuk susut luar mata. Dan di atas kelopak mata – di bawah alis, bubuhkan warna putih terang.

2.       Eye liner (Staylast Liquid Eyeliner)
Fungsi: Menegaskan bentuk mata.
Eyeliner yang digunakan, yang tipe pakai kuas. Aku gemetar pakainya, ahaha. Biasanya yang tipe pencil atau yang pen liquid. Eyeliner-nya ini cepat banget kering.

3.       Alis
Buatku, ini bagian yang riweuh. Kita coba menonjolkan alis dengan eyeshadow coklat gelap menggunakan kuas. Nah, karena aku gak gitu suka kalau terlalu kelihatan, jadi kububuhkan sedikit-sedikit, terus jadinya aneh. Akhirnya dibantu ‘Mbak Wardah',  untuk satu alis, yang lainnya warnai sendiri. Lucu lah, karena ada teriakan-teriakan, “Alisku enggak simetris! Gimana ini?” Ahaha, practice makes perfect kali, ya. Jadi, pembubuhannya: di pangkal agak tebal, makin ke ujung makin tipis.

4.       Maskara
Bulu mata yang diberi maskara hanya bulu mata bagian kelopak atas. Maskara dibubuhkan dari permukaan atas bulu mata, lalu dari permukaan bagian bawah bulu mata.

Hidung:

1.       Bedak yang warnanya agak gelap
Tarik garis lurus dari pangkal alis sampai ujung hidung. Menarik garisnya gunakan kuas yang kecil.
2.       Bedak agak terang
Lalu, dibagian tengah hidung, dibaurkan bedak bewarna terang.

Pipi:

1.       Bedak agak gelap
Bubuhkan tipis-tipis dan secara searah, di bawah tulang pipi, dari bawah telinga sampai 2 atau 3 jari sebelum bibir.
2.       Blush on
Bubuhkan dari bagian atas tulang pipi. Aku pilih yang warna agak oranye.
*Gomenne, aku enggak tahu warna atau nomor bedaknya.

Bibir
1.       Lipstik
Karena bentuknya pallete, jadi mengaplikasikannya dengan menggunakan kuas. Aku enggak ingat pakai warna apa, karena main mix dan cocol aja.
There's no best make-up without smile

Sebelum kemari,  sempat ragu, karena sepertinya enggak cocok pakai Wardah. Setelah kuingat-ingat, ternyata salahnya di aku yang memang sering enggak mau repot bersihkan wajah dengan seksama. 
Wardah Beauty House 

Di Wardah Beauty House, selain menjual produk-produk Wardah, juga bisa treatment di sana. Kalau di Medan, alamatnya di Jl. Iskandar Muda.
Doc. Kawan di Blogger Medan


Nah, sekian pos pertama tentang make-up dan lumayan panjang. Pun bersebab kemarin beberapa teman tanya gimana caranya; untuk persiapan wisuda, nikah, dan kondangan ke nikahan gebetan-sebagai tamu. 

Lihat dindingnya
 jadi pingin foto ala katalog :D

Dibuka & ditutup dengan foto rame-rame

Yang paling penting sangat mungkin tidak terlihat, saling ingatkan untuk indahkan bathin juga. :') 

13 komentar:

  1. huaaaaa... buanyaaak banget ya alat perangnya. sungguh aku tak terbiasa hahhaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha, iya, praktisnya ada yg peralatan yg sepaket gitu. Kemarin kalo enggak dicatat mungkin udah lupa pakai apa aja ahaha

      Hapus
  2. Kalo lamaran dandan sendiri keren juga ya Kak heheheh

    BalasHapus
  3. Kalo lamaran dandan sendiri keren juga ya Kak heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huum, ntar kayaknya bisa dicoba :D

      Hapus
  4. Aku sukaaaaa acara kek gini ini, pulang dari sana langsung cuus nge mall. Muka udah kece soalnya.. bhahahaha :)).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal udah begini rin pingin ke KUA tp KUA nya tutup hari minggu, ahaha

      Hapus
  5. bisa nih dapat tutorial gratisan dari yang udah pernah dimake over :P huahaha..

    BalasHapus
  6. bisa nih dapat tutorial gratisan dari yang udah pernah dimake over :P huahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikuti ajalah, gak pinter bikin apalagi ngajarinnya. Karena buatku memang not for every moment apalagi everyday :D *maybe someday needed, for special moment n'for special halal man ahaha

      Hapus
  7. 'maen mix and cocol' bahasanya cocol ya kak... kek sambel hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya mau buat colek, yah. Tapi ntar dikira sabun krim. Ahaha

      Hapus
  8. Keren nih buat beauty muslimah..

    BalasHapus

Created By Sora Templates