Kamis, 17 Desember 2015

Durian (Blogger) Medan : Basic Photography

Teka teki teka teko, apa hubungan durian, blogger, dan fotografi di Medan? Let me clarify... ^^

Throwback : Perkenalan Pertama dengan Warga Blog M
source: www.blogm.org
Pertama kali ikut acara Blogger Medan (Blog M), saat Ramadhan 2015. Saat itu kegiatannya berkolaborasi dengan Medan Heritage. Awal tahunya karena ada yang mention di instagram.  Dan ketepatan ada rencana buka puasa bareng teman. Ketemu acara yang begitu dan gak sekedar buka puasa atau kumpul-kumpul tapi juga edukasi, kita putuskan untuk ikut. Pertemuan pertama masih rada canggung, jadi kitanya rada buat forum sendiri. Maafkeun.

Pertemuan kedua, karena ada janji ketemuan dengan dua anak Blog M di kafe Potret sekitar jam dua siang, terus salah satu yang mau ketemuan – kayaknya sengaja – molor datangnya, jadi sekalian ikutan pertemuan rutin Blog M yang diadakan sebulan sekali, dan dinamakan Durian (Diskusi Ringan Anak Medan), karena Durian berlangsung di kafe Potret juga pada jam 4 sore. Nah, waktu itu aku datang ke sana bareng kawan-kawan FLP. 

Pertemuan berikutnya, beberapa kawan  FLP juga nimbrung Durian, pun mulai merasa mengenal beberapa orang dan bisa menikmati kegiatannya. Manalagi saat itu yang jadi pemateri si kawan, ‘si bapak-bapak yang mengaku dirinya berevolusi’. *peace.

Lanjut ke pertemuan ke-empat, materinya “Public Speaking”, pematerinya adalah Putri Rizki, kenal? ^_^.  Sampailah pada pertemuan ke-lima! Yeay, datang Durian udah lima kali! Enam kali dapat kipas!

Durian bersama Fotografi Medan
Baik, itulah sekilas pertemuan dan perkenalanku dengan teman-teman Blog M. Dan yang mau ditulis adalah review pertemuan ke-lima bagiku, tepatnya Ahad, 13 Desember 2015, di Taman Edukasi Avros. Pembahasan hari itu mengenai Basic Photography, dengan pemateri Mimin @fotografimedan, Mas Ramli Muhammad. Acara dimulai lewat dari jam 2 siang. Masih rada gerimis. Sepertinya, hujan lebat sebelumnya, karena jalanan cukup basah. Aku mah kurang tahu lebat atau enggaknya, karena sepanjang pagi dan mendekati dzuhur masih ikut seminar di Hotel Polonia.
 
Doc. Blog M
Basic Photography
Acara Durian kali ini berlangsung di pendopo utama Taman Edukasi Avros, pemateri menyampaikan beberapa hal tentang fotografi dasar seperti compotition, point of interest, angle, trus apa ya namanya, yang sembilan kotak itu? Dan tentang istilah breaking the rule – dengan kata lain tidak terpaku pada tehnik-tehnik yang disampaikan sebelumnya. Slides juga cukup mendukung penyampaian materi.

Pemateri juga menjelaskan sekilas (sembari diskusi, tanya – jawab) tentang hal-hal di atas tadi. Misalnya, tentang composition, kenapa perlu meminimalkan objek dan bagaimana caranya, lalu tehnik mengambil frame, menyeimbangkan gambar, dan mengatur background dan foreground. Tehnik memotong bagian tubuh *_*, maksudnya memotong foto tubuh. Masih ingat kan aku? Aku catat loh, kayak mau ikut ujian. -__-
Hindari memotong foto tubuh di bagian bergaris merah
Dan poin yang amat kuingat bahwa kamera terbaik adalah kamera kita sendiri, dengannya kita lebih bebas berlatih dan berkreasi. Dan foto terbaik adalah foto yang kita suka.

Games Durian dan Fotografi
Setelah diskusi, dilanjutlan dengan chalenge/games foto, objeknya adalah brownies. Lepas break sholat ashar, dilanjutkan dengan games mencari gambar. Jadi, peserta dibagi ke beberapa kelompok, satu kelompok 3 orang. Diberikan selembar kertas yang berisi 10 foto. Masing-masing kelompok gambarnya beda. Niat banget kan, ya? :D

Kertas itu diberikan setelah tiap kelompok wefie dengan background tumbuhan. Lalu, kita mencari seluruh objek foto yang ada di kertas wasiat tersebut di sekitaran lokasi, dan memfotonya. Mesti mirip, seperti dari sudut pengambilan gambar. Itu membuat kelompok kami ‘terguncang keyakinannya’, dan bertanya-tanya: apakah kami salah ambil objek? Karena katanya bukan begitu gambarnya. Lalu mengulang mengambil foto. Oh ya, waktu itu aku sekolompok dengan Wina dan Maulana.
Wefie background tumbuhan tapi tumbuhannya ketutupan :D
Kelompok kami menjadi kelompok yang paling pantang menyerah dan tidak mudah putus asa! *tepok tangan. Terbukti kelompok kami menjadi kelompok paling akhir yang mengumpulkan 'hasil buruan'! Haha. Dan sebagai kelompok ‘terbelakang’ kami mendapat hukuman makan donat! Sedangkan empat kelompok lain mendapatkan souvenir yang disponsori oleh  ... (lupa, gak catat dari mana, kayaknya gak masuk ujian).

Yeay, cuma di Blog M hukuman itu makan donat. Request, pertemuan berikutnya kalau ada games hukumannya makan pizza, atau keripik kentang, atau mi pecel, gimana? Haha, calm down.. just kidding, tapi kalau jadi kenyataan, aku mah gak nolak dihukum lagi. 

Itu salah satu pengisi weekend-ku beberapa hari lalu. Seru rasanya bisa diskusi, lalu bisa main games keliling-keliling taman Avros. Tapi kamu tenang aja, soal perasaan, aku gak suka main-main. *bah, afa-afaan ini? :D. 

Alhamdulillah, thank you Blog M. 

video

14 komentar:

  1. aku juga minta maaf ya
    atas kelakuan aku yang agak rada usil dan keterlaluan

    sampai 2 mereka harus menahan aku sejenaak

    hehehe

    btw Selamat bergabung ya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha, serius kena tahan? Ya, enggak nyaksikan..

      Terima kasih :)

      Hapus
    2. dimana-mana bang fajar berulah ya
      lagi patroli blog nih kak,numpang lewat~

      Hapus
  2. Wah sudah 5 kali ternyata.... luar biasa.. *tepuktangan *kasihkotakkipasangin :D haahha..

    Durian BlogM.. sampai saat ini gak ada yang beneran bawa durian..

    BalasHapus
  3. Wah sudah 5 kali ternyata.... luar biasa.. *tepuktangan *kasihkotakkipasangin :D haahha..

    Durian BlogM.. sampai saat ini gak ada yang beneran bawa durian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha, nyicil ya, kotaknya dulu.

      Bawalah duriannya.. :D

      Hapus
  4. siapa itu yang nutupin tumbuhannya? kurang asem kali itu orang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta dibegal kan, ya? Ahaha *peace

      Hapus
  5. Kelompok kami menjadi kelompok yang paling pantang menyerah dan tidak mudah putus asa! *tepok tangan*

    iya, ini dia kelompok yang entah berapa kali disuruh balik lagi untuk dapatin gambar yang benar.

    Buat ngingatin aja siapa tau keluar ujian, sponsornya adalah www.wohlstandsupplier.com . ownernya harus bayar mahal aku nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai sempat mikir itu foto entah zaman kapan, kali aja udah berubah.

      Aku catatlah, buat ujian, ujian kehidupan, ahaha.

      Hapus
  6. ini siapa judgenya gak ada tumbuhannya kok dikasih kertas tasknya, kahaha udah dikasih poin pun masih kalah cepat juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. padahal yg nge-judge tu foto dah pake kaca mata, heranlah lihatnya.:D
      Mungkin pertama emang dikasih poin, mungkin. Lepas tu kita disuruh ulang ambil gambar berkali-kali -_-

      Hapus
  7. wahahahaha mestinya minta donatnya lebih banyak, biar bisa dijualin ke pengunjung Avros yang lain. #matabisnisan

    hikss, kemaren nggak bisa ikutan karena ada kondangan keluarga. see you next time Mbak! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener juga. Wah sayang, sarannya telat, ahaha.

      Yes, InsyaAllah, sampai jumpa Funy. :)

      Hapus

Created By Sora Templates