Kamis, 09 Juli 2015

Kenalan dengan Murbei dan Manfaatnya

Buah murbei matang
Buah murbei atau mulberry sepertinya belum begitu populer untuk dikonsumsi, masih kalah populer dengan daunnya yang digunakan sebagai makanan ulat sutra. Lihat saja kalau nonton film atau drama korea yang era Joseon, biasanya ada scene upacara pemberian makan ulat sutra.

Tapi belakangan ini, tak jarang juga produk kecantikan seperti lotion menyertakan kandungan murbei di dalamnya. Sebab ternyata, murbei kaya akan antioksidan - yang mencegah penuaan dini - dan juga antosianin yang berperan melindungi sel dari ultraviolet dan mencegah penyempitan pembuluh darah. Bukan hanya itu, buah murbei juga mengandung kadar air yang tinggi, serat, zat besi, vitamin C, A, E, K, dan B.

Buah murbei ini berasal dari daerah panas sedang atau subtropis.
Buahnya mudah remuk, yang matang warnanya ungu agak hitam, rasanya manis asam, sedangkan yang belum matang warnanya hijau dan merah.

Kalau di Medan, kayaknya saya gak pernah ketemu buah ini di pasar tradisional (orang Medan bilang pajak) atau saya yang kurang gaul di perpasaran. Mungkin ada di toko buah seperti toko buah berastagi yang di belakang BNI simpang Waspada - bukan promosi tapi biasa di sini memang lengkap buahnya.

Nah, kalau saya dapatnya di halaman rumah. Beruntung orang tua yang memang 'orang pertanian' khususnya ibu yang kini bertugas di bidang holtikultur senang tanam-menanam, kalau saya mah senangnya panen-memanen, dan makan. :D

Pohon murbei bisa ditanam walau halamannya seiprit
Kayaknya, penanaman atau perawatan pohon murbei ini enggak pala repot, karena saya juga gak tau kapan si emak tanam, tau-tau udah gede' aja tu pohon.

Bisa dibilang, saya baru-baru ini saja tau dan suka dengan buah satu ini. Biasanya, murbei-nya saya makan gitu aja, tapi hari ini saya buat jus, bahannya: murbei, air dingin, sedikit gula.

Jus murbei, aromanya segar


#NulisRandom2015

3 komentar:

  1. Pengen nyicip jus nyaaaa :D hehehe. Btw, murbei beda gak sih sama "blackcurrant" kan ada tuh permen - kayak foxs - yg rasa blackcurrant (pemahaman saya tntg tanam-tanaman memang minus :( hikss)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda, Ndri. Blackcurrant, warna ungu-kehitaman juga tapi bulat kecil-kecil kayak anggur (lebih kecil dari anggur lah) kalau murbei rada nyatu gitu bulat2nya.

      Hapus
    2. Kapan-kapan kalau ada murbei yg matang dan indri k rumah ririn atau kita ketemuan, insyaAllah rin buatkan. :)

      Hapus

Created By Sora Templates