Selasa, 30 Juni 2015

Jus Semangka Jelly ala Ririn



Cara yang paling sederhana dan efisien untuk dapatkan vitamin dari buah adalah dengan memakannya langsung, cukup dipotong-potong sederhana. Tapi divariasikan dengan cara dibuat jus juga boleh dicoba, agar tambah selera atau buat anak-anak lebih semangat makan buah. Kali ini, variasi dari jus buah semangka.

Bahan-bahan:


- Semangka
(1,5 kg itu jika termasuk kulitnya. Kupas, namun biarkan bagian daging semangka yang putih tetap ada karena itu bagus buat ginjal - kata emak paska baca majalah Trubus - serius)

-Jeruk kesturi 3 buah
(Peras, ambil sarinya. Asal muasal pilih buah ini, karena menambah aroma segar, selain alasan utama karena buah ini terlihat pas saya angkat jemuran :D )

-Nutri jell rasa jeruk kemasan 10 gram
(Ini lebihan waktu buat kreasi puding^^)

- Gula, secukupnya.

-Air dingin/air es.
(Ini saran si emak atas tips dari buku di perpus kantor, di buku itu bilang untuk menjaga vitamin buah saat diblender, gunakanlah air dingin/air es).

Cara membuat:

1. Kupas semangka, biarkan daging yang bewarna putih tetap ada. Buang biji semangka. Masukkan ke blender, tuang air dingin kira-kira 1,5 gelas, tuang perasan jeruk kesturi, dan gula sesuai selera, blender.
Atau bisa juga biji semangka dibuang belakangan, blender, saring, tapi sayangnya seratnya jadi lebih sedikit.



2.Masak jelly. Tuangkan bubuk jelly, air dua gelas, gula 100gr atau sesuai selera, aduk, didihkan, lalu matikan api, tuangkan fruity acid (yang ada di kemasan nutrijell), aduk rata, dinginkan. Setelah beku, serut kasar / potong halus /blender kasar si jelly.



3. Tuangan jelly kira-kira 1/3 gelas, lalu tuangkan semangka yang diblender tadi. Sajikan atau dinginkan di kulkas.

*Saat berbuka puasa, hindari minum minuman yang dingin saat pertama kali berbuka, karena akan tidak baik bagi lambung. Jadi, bisa langsung diminum saat berbuka jika jus nya tidak terlalu dingin atau beberapa saat setelah berbuka.

Porsi 6 - 7 gelas.

Selamat mencoba! ^^

#NulisRandom2015





4 komentar:

  1. Balasan
    1. Bisa dicoba di rumah, Fiq. Lagi banjir nih semangka. ^^
      Btw, ahad ikutan bukber ya..

      Hapus
  2. Yg nulis juga ngarep silap pas buat jusnya. :D

    BalasHapus

Created By Sora Templates