Minggu, 07 Desember 2014

Tropikal Puding Jelly ala Ririn


Ini adalah jenis puding yang penuh kejutan karena di dalam puding entah apa-apa saja yang dimasukkan :D. Yang pasti menambah kenikmatan rasa lah.

Bahan-bahan:

  •  2 bungkus Puding Inaco rasa coklat kemasan 21,5 gr
  •  2 bungkus Puding Inaco rasa strawberry kemasan 21,5 gr
  •  1 bungkus Nutrijell Yoghurt rasa blaccurrant kemasan 35 gr 
  •  1 bungkus Nutrijell rasa melon kemasan 10 gr
  •  700 gr gula pasir atau sesuai selera
  •  Air 3.100 ml 
  • Buah-buahan (nenas, pepaya, semangka merah, dan mangga) secukupnya. Potong dadu. Asli kagak nimbang, beli sama abang tukang rujak yang melintas, "Bang, buahnnya seribu lima ratus - seribu lima ratus." Begitu.

Cara Memasak:
  1. Masak Nutrijell Yoghurt rasa blackcurrent (cara memasak, ada di kemasan). Dinginkan. Lalu potong-potong dadu atau sesuai selera.
  2. Masak Nutrijell rasa melon (cara memasak, ada di kemasan). Dinginkan. Lalu potong-potong dadu atau sesuai selera.
  3. Masak puding Inaco rasa coklat (cara memasak, ada di kemasan). Setelah matang, tuangkan ke wadah. Tunggu hingga mengeras.
  4. Masak Puding Inaco rasa strawberry (cara memasak, ada di kemasan). Setelah matang, tuangkan ke atas puding coklat yang telah mengeras.
  5. Tunggu sekitar 30 detik - 1 menit, lalu tuangkan potongan Nutri Jell Yoghurt, kemudian tuangkan potongkan Nutrijell rasa melon. Lalu, letakkan potongan buah di bagian paling atas. Kalau gambar di atas, ada potongan jelly yoghurt lagi di atasnya, itu karena masih ada kelebihan jelly.
  6. Akan lebih nikmat disajikan setelah didinginkan. (34 - 40 porsi).
Penggunaan waktu bisa disiasati, misalnya kalau pakai kompor gas dua tungku, sambil masak puding coklat,  masak jelly yoghurt. Sambil potong buah, masak jelly melon.
Jangan mencampurkan potongan agar-agar (jelly atau puding) ke agar-agar yang masih panas, itu akan mengakibatkan mereka (jelly atau agar-agar itu) jadi luruh, lebur jadi satu (kesalahan yang pernah kubuat), dipikir potongan jellynya ngumpet, rupanya luruh.--
Tapi kalau mau dicampur (seperti resep di atas), jangan sampai mengeras juga, nanti enggak lengket, lepas-lepas.
Mereknya mesti yang di atas? Enggak juga, waktu itu merek di atas yang ada di market.
Wadah sebaiknya dicuci/dibasuh dengan air matang, agar enggak menyebabkan agar-agarnya lengket di wadah.

Filosofi masak agar-agar :")
Selagi terus mencoba, terus belajar, enggak ada namanya produk gagal, yang ada produk belajar.
Percobaan pertama, padahal cuma masak agar-agar biasa, tapi karena sepele sama takaran air, 2 jam tuh agar-agar enggak mengeras, sampai seminggu juga bakal begitu, enggak mengeras kecuali mengeras karena beku diletak di freezer.

Percobaan kedua, enggak sabaran, potongan jelly nya di letak di puding strawberry yang masih panas. Akhirnya, luruh lah jellynya dengan puding, teksturnya jadi labil - jelly enggak, puding enggak.

Percobaan ketiga dan keempat, alhamdulillah sesuai dengan yang direncanakan.

1 komentar:

  1. Aku ngakak bacanya Ririn hahahah, apalagi yang percobaan pertama �� trus ada ya tekstur labil, but, nice, gak ada tuh produk gagal, yang ada produk belajar, aih aku nak rasa lah, boleh?

    BalasHapus

Created By Sora Templates