Rekomendasi Pampers Newborn Yang Bagus Dan Terbaik - Pengalaman Pengguna MamyPoko

Pekan lalu, teman yang diprediksi akan lahiran bulan depan, meminta rekomendasi popok bayi baru lahir yang bagus. Ini persiapan melahirkan pertamanya, dan bingung pilih popok yang mana karena saat ini kan ada beragam merek dan harga. Sedang alami hal serupa? Khawatir salah pilih malah jadi ruam popok atau alergi pada kulit bayi?

rekomendasi pampers newborn mamypoko

mungkin kamu tertarik menjadi guru private di medan

Wajarlah ya, kita perlu lebih teliti dalam persiapan melahirkan, apalagi yang akan digunakan bayi baru lahir. Mahluk imut ini amanah yang sangat 'mewah' dan belum bisa apa apa, they need us. Malah, bisa jadi kita adalah segala bagi buah hati yang baru tiba di dunia teramat asing ini. Lumrah kalau kita mencari tips merawat bayi, di antaranya memilih popok bayi. Sebelumnya, mungkin kita perlu mengetahui penyebab kulit bayi sangat sensitif.

Pampers Newborn Yang Bagus untuk Kulit Sensitif

Mengapa Kulit Bayi sangat Sensitif?


Dr Zulkifli Ismail, seorang Consultant Paediatrician & Paediatric Cardiologist pada situs mypositiveparenting.org, mengatakan,
The structure of the baby’s skin makes it more prone to irritation, infection and allergies compared to adults. 
alasan pilih pampers newborn mamypoko


Dari gambar, kita bisa lihat strukur kulit bayi lebih renggang dan lapisannya juga lebih tipis daripada orang dewasa, hal ini membuat kulit mereka jauh lebih sensitif, lebih mudah iritasi, infeksi, ataupun alergi. Ini juga yang kadang buat keliru pilih popok malah jadi merah, gatal, dan bruntusan alias ruam popok. Bahkan, ruam yang parah bisa membuat kulit melepuh, bewarna agak kebiruan, dan perih. Enggak tega lihatnya kan, ya?

Pengalaman Mencari Popok Sekali Pakai untuk Bayi Baru Lahir

Awalnya, sebelum melahirkan, kami hanya menyiapkan popok kain (kebiasaan turun temurun keluarga). Tapi saat suami mulai kembali bekerja, malah ditinggal tugas luar kota juga. Aku pun kelelahan lebih dari biasanya. Berhubung minim tenaga bantuan, ibuku masih aktif bekerja, mertua flu, nenek yang menemani juga sudah sepuh, kami mulai mencari bantuan dari popok sekali pakai, agar enggak perlu kejar tayang mencuci. Nua juga enggak bolak balik terbangun dan menangis karena popoknya basah. Aku bisa sedikit istirahat. Waktu itu, usia Nua belum genap sebulan.

desain pampers newborn mamypoko
Bayi perlu popok dengan cutting rapi dan lembut

Popok newborn yang Nua pakai sepulang dari RS, menurutku cutting-nya enggak lembut dan rapi. Mungkin karena itu ada kemerahan di bagian pahanya, selain memang enggak ada indikator sudah penuh atau enggak, ditambah daya serap yang kurang maksimal menurutku. Jadi kami cari yang beda kali ini. Ibu ibu udah kayak naluri aja auto menimbang nimbang harga, walau beda berapa ratus, aku juga gitu. Tapi buatku, penting memerhatikan kelembutan popok, soalnya yang pakai popok itu kan si buah hati, bukan aku. Cinta ibu enggak terbantah dan beragam wujudnya, di antaranya dengan buktikan cinta ibu dengan kelembutan nomor 1. Cocok?

ketebalan pampers newborn mamypoko


Untuk pencarian popok kedua, suami yang pergi ke baby shop dan perlu waktu lebih lama karena dia membaca setiap info produk yang tertera pada kemasan popok, sembari saling bertukar info lewat  hp dengan aku yang ada di rumah. Pilihan kami jatuh pada popok MamyPoko Royal Soft, saat itu namanya masih MamyPoko Extra Soft.

Sakarang kan sedang pandemi begini, kalau enggak memungkinkan keluar untuk mendapatkannya, kita bisa pesan di Lazada atau Shopee. Nah, kesan pertamaku pada MamyPoko Royal Soft juga buat aku pingin cerita dari dulu, tapi tertuda sekian purnama.

The Softness of MamyPoko Royal Soft


daya serap pampers newborn mamypoko

Kelembutan popok MamyPoko Royal Soft ini seperti kapas, aku sampai coba elus elus ke wajah. Kelembutannya bukan hanya bagian dalam yang akan bersentuhan dengan kulit bayi, tapi juga bagian luarnya. Dan potongan atau cutting popoknya itu halus dan rapi. Hal ini dikarenakan teknologi dan material premium dalam pembuatannya.

Pampers Newborn MamyPoko

Potongan Popok untuk Tali Pusar (Navel Cut)

jahitan pampers newborn mamypoko


Kok enggak tau dari kemarin kemarin? Batinku saat lihat ada popok dengan potongan untuk tali pusar. Pada popok MamyPoko Royal Soft ini, ada potongan yang enggak biasa, guna memberi ruang pada tali pusar yang belum puput. Nua sendiri tali pusarnya puput di hari ke-5, dan mungkin ada bayi yang perlu waktu lebih lama. Tali pusar yang belum puput itu enggak boleh digunting atau dilepas sembarangan. Biarkan puput dengan sendirinya, dan harus dirawat pula sebelum lepas, guna menghindari infeksi.

Daya Serap MamyPoko Royal Soft



nyaman pampers newborn mamypoko

Untuk penyerapannya, MamyPoko Royal Soft bisa menampung 5 gelas air (25ml/gelas), atau terjaga kering sekitar 12 jam. Tapi kalau sudah poop harus segera diganti, karena kulit bayi yang terkena poop rawan ruam seberapa premium pun popok bayi kita. Aku sempat mencoba menuangkan sekitar 100ml s.d 120ml air ke permukaan bagian dalam MamyPoko Royal Soft. Walau agak menggembung, namun enggak terjadi kebocoran dan permukaan popok masih terasa nyaman.

Air  Circulation



review pampers newborn mamypoko
1. Popok dan air panas dalam gelas, 2. Menuangkan air panas pada permukaan bagian dalam popok, 3. Gelas yang ditangkupkan pada permukaan luar menangkap uap panas

Agar kulit bayi enggak lembab (basah) maka perlu sirkulasi udara yang baik pula. Popok keluaran Unicharm ini juga mempertimbangkan hal tersebut, sehingga enggak lembab dan panas (gerah) di dalam popok. Pasalnya, selain mempertimbangkan kesehatan kulit bayi, sebagian bayi sangat atau lebih sensitif dengan kondisi lembab dan gerah pada popok yang membuat mereka mudah terganggu.
Aku mencoba menuangkan air panas pada popok MamyPoko Royal Soft, lalu menangkupkan gelas pada bagian luar popok tersebut. Hasilnya, uap langsung keluar, terlihat dari uap yang tertangkap di dalam gelas. Hal ini menandakan tengah terjadinya sirkulasi udara.

Extra Dry Speed Wave


daya serapan pampers newborn mamypoko

Lihat bagian dalam popok yang memiliki tekstur bergelombang. Permukaan bergelombang ini mampu menyerap pipis lebih cepat sehingga kulit bayi tetap kering.

Desain Fungsional Pampers Newborn Perekat


desain produk pampers newborn mamypoko

Karakter pada popok memang gemesin, tapi ketika desainnya bukan cuma enak di mata melainkan juga berfaedah, jadi nilai plus kan? Popok MamyPoko Royal Soft punya garis membujur warna kuning di tengah popok, akan berubah warna ketika sudah penuh. So, orangtua segera tahu waktu untuk mengganti popok.

gambar pampers newborn mamypoko
Popok penuh (kiri), popok belum dipakai (kanan)

Tape-nya juga mudah diatur, dan bisa direkatkan kembali. Ketika popok sudah penuh pun, tinggal gulung dan klip klip kanan kiri, beres dan rapi deh.

perekat pampers newborn mamypoko


Enggak heran bisa sebegini komplitnya mengingat popok MamyPoko tahun ini menginjak dua dekade hadir di Indonesia. Popok bermaskot Pokojang khusus newborn ini bisa digunakan sejak bayi baru lahir hingga berat badan bayi sekitar 5 kg. Bahkan MamyPoko juga merancang popok khusus untuk bayi prematur.

aturan pakai pampers newborn mamypoko

Btw, walaupun anak bayi tidurnya jadi lebih anteng dan nyenyak karena popok yang bersahabat dengan kulitnya, ibunya juga bisa ikutan istirahat, tapi ya enggak bisa sampai kebablasan molornya. Mengingat bayi baru lahir tetap kudu menyusu sekali per 2 s.d 3 jam, ye kan. Share dong, kalau Ibu dan Ayah, punya pengalaman atau tips apa nih seputar dunia perpopokan? Popok Bayi Baru Lahir yang Bagus untuk Kulit Sensitif versi kamu?

Ririn Anindya

......

27 komentar:

  1. Kalo ditanya sebutkan satu merek popok pasti yg langsung tersebut Mumu poko , apalagi sama tagline nya 'Mumy Poko cepat kering'.
    Terima kasih rekomendasi nya terutama inovasi ruang tali pusar itu brilian sekale

    BalasHapus
    Balasan
    1. tagline dan nadanya bisa senempel itu ya

      Hapus
  2. Sangat membantu para ibu baru yang perlu rekomendasi popok new born.

    Ditunggu tulisan review-an lainnya. Salam. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, terimakasih, aku juga banyak terbantu dari review para mom lainnya :D

      Hapus
  3. Memang kalau belum nikah, hal hal kayak gini mana pernah di perhatiin. Tapi kalau gak di perhatiin bisa terkejut juga pas punya anak bayi.... setelah baca awak jadi paham fungsi popok ini sebenar nya hehe

    Trims rekomendasi nya kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, bang, ada namanya learning saat doing, tp memanh jadi orangtua itu kudu lebih banyak lear before do nya hehe

      Hapus
  4. Tidak pernah perhatikan produk-produk semacam ini sebelumnya dan merk ini satu-satunya yang saya tahu, ternyata sudah sekeren ini perkembangannya. Perlu dicatat nih untuk nanti hehe, jadi bahan untuk dishare ke kawan-kawan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, miriplah, dulu aku dan suami juga kira semua popok sama aja, hanya berbeda merek dan harga

      Hapus
  5. Nanti kalau andre uda punya istri andre kasih blog ini sama istri andre biar gampang dan ga salah kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah mudahan membantu, ya. Dan jangan lupa cari refrensi dari para ahli dan mastah lainnya :D, karena bisa jadi beda beda kebutuhan dan kecocokkannya

      Hapus
  6. Baru tau mommy poko sebagus itu, kapan² kalau ada teman yg lahiran jdi tau popok mana yang dibeli 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, baru kepikiran belakangab ini juga buat kasih gift popok, mudah mudahan membantu

      Hapus
  7. Makin nyaman itu pakek popok mamypoko, di rumah ada tuh

    BalasHapus
  8. Lebih sering mengandalkan popok kain, karena lebih hemat juga (syaratnya ayah2 harus jadi partner ibu, harus turun tangan juga dlm urusan begini) tapi memang ada saatnya mengandalkan popok sekali pakai dan harus memilih yang tepat buat bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat ya, dari sisi manapun baik pengasuhan atau pun urusan rumah tangga, suami dan istri itu partner kan ya

      Hapus
  9. Bayi sering cocok cocokan pakai popok tapi ini dari tampilan dan fungsinya sangat mewah dan visioner

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju, dan memang sangat lembut popoknya

      Hapus
  10. Zayyan juga pakei mamy poko royal soft, lembut gak buat iritas juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah cocok juga buat baby Zayyan ya

      Hapus
  11. Mamy pokok ini skrg makin canggih juga ya kk. Beruntung juga jadinya bisa meringankan nyucu2 popok biar menentramkan waktu2 istirahat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kan, ya. Dulu kirain semua popok sama aja, tapi ternyata ada bermacam 'fitur' udah kayak gadget

      Hapus
  12. Disini jd lebih tau lebih detail tentang Kebagusan si mamypoko.

    BalasHapus
  13. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^cc
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus